AS Uji Rudal Hipersonik yang Bermasalah via Bomber B-52H

Selasa, 17 Mei 2022 - 12:16 WIB
loading...
AS Uji Rudal Hipersonik yang Bermasalah via Bomber B-52H
Pesawat pengebom B-52H yang digunakan untuk menguji coba rudal hipersonik Amerika Serikat. Foto/USAF via CNN
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah melakukan uji coba rudal hipersonik yang bermasalah selama akhir pekan. Senjata itu diluncurkan dari pesawat pengebom (bomber) B-52H.

Uji coba senjata canggih itu dilakukan satu bulan setelah Angkatan Udara mengumumkan program tersebut mengalami penundaan karena "anomali uji terbang" sebelumnya.

Air-launched Rapid Response Weapon (ARRW) berhasil dilepaskan dari bomber B-52H di lepas pantai South California pada hari Sabtu dan mencapai kecepatan hipersonik. Demikian pengumuman Angkatan Udara Amerika pada hari Senin, yang dilansir CNN, Selasa (17/5/2022).

Pengumuman itu tanpa merinci lebih lanjut tentang hasilnya, termasuk durasi penerbangan atau ketinggiannya.

“Ini adalah pencapaian besar oleh tim ARRW, untuk perusahaan senjata, dan Angkatan Udara kami,” kata Brigadir Jenderal Heath Collins, pejabat eksekutif program Angkatan Udara untuk senjata.



ARRW adalah senjata hipersonik yang menggunakan roket booster untuk mempercepat rudal hingga kecepatan lebih dari Mach 5, atau lima kali kecepatan suara. Sebuah kendaraan luncur hipersonik kemudian memisahkan diri dari booster dan meluncur dengan kecepatan tinggi menuju sasarannya.

Angkatan Udara telah berjuang dengan pengujian AGM-183A ARRW di masa lalu, dan program tersebut mengalami tiga kegagalan uji terbang sebelum keberhasilan terbaru ini.

Bulan lalu, Angkatan Udara Amerika mengatakan bahwa anomali uji terbang telah mendorong mundur jadwal penyelesaian program senjata. Tes lengkap pertama rudal dan roket booster ditunda hingga sekitar tahun fiskal berikutnya, yang dimulai pada bulan Oktober.

Sehari sebelum tes terbaru ini, Sekretaris Angkatan Udara Frank Kendall mengakui masalah yang dihadapi program ARRW.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)