NATO Sebut Ukraina Bisa Menang dalam Perang Lawan Rusia

Senin, 16 Mei 2022 - 13:48 WIB
loading...
NATO Sebut Ukraina Bisa Menang dalam Perang Lawan Rusia
Sekjen NATO Jens Stoltenberg (secara virtual) melakukan konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock. Stoltenberg percaya Ukraina bisa menang perang melawan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO , Jens Stoltenberg, mengatakan Ukraina dapat mencetak kemenangan dalam perjuangannya melawan pasukan Rusia . Aliansi militer Barat itu kembali menyatakan dukungan militer secara terbuka kepada Kiev.

Stoltenberg mengatakan situasi di medan pertempuran tidak berkembang sesuai dengan rencana Moskow.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan informal para menteri luar negeri blok militer tersebut, Stoltenberg mengungkapkan bahwa topik utama dari diskusi adalah dukungan kuat untuk Ukraina, penguatan lebih lanjut dari pencegahan dan pertahanan NATO, dan implikasi jangka panjang dari perang, termasuk sikap masa depan aliansi terhadap Rusia.



“Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow. Mereka gagal merebut Kiev. Mereka mundur dari sekitar Kharkiv, serangan besar mereka di Donbass telah terhenti. Rusia tidak mencapai tujuan strategisnya,” kata Stoltenberg.

Dia menambahkan bahwa bertentangan dengan dugaan keinginan Presiden Rusia Vladimir Putin, Ukraina melanjutkan perjuangannya. "NATO lebih kuat dari sebelumnya dan Amerika Serikat dan Eropa bersatu dengan kokoh," ujarnya.

“Ukraina bisa memenangkan perang ini. Ukraina dengan berani membela tanah air mereka," imbuh bos NATO tersebut, seperti dikutip dari Russia Today, Senin (16/5/2022).

Dia melanjutkan, pasokan senjata dan dukungan lain dari para pendukung Kiev membuat perbedaan nyata di medan perang.

Oleh karena itu, kata Stoltenberg, NATO harus terus mendukung Ukraina.

Dia mengungkapkan bahwa KTT NATO bulan Juni di Madrid akan melihat anggota-anggotanya membuat keputusan penting, termasuk langkah-langkah yang bertujuan untuk memperkuat postur pencegahan blok militer tersebut.

Sementara itu, Rusia bersikeras bahwa mereka memenuhi semua tujuannya di Ukraina dan tidak akan mematikan jalur yang dimaksudkan. Selama siaran televisi pada hari Sabtu, Duta Besar Rusia di AS mengatakan tidak akan ada "penyerahan".

“Kami tidak akan pernah menyerah, kami tidak akan mundur,” katanya.

Awal bulan ini, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa “operasi militer” Rusia di Ukraina berjalan sesuai rencana.

Moskow secara konsisten memperingatkan Barat agar tidak "memompa" Ukraina dengan senjata, mengeklaim bahwa itu hanya akan menyebabkan perpanjangan konflik dan menciptakan masalah jangka panjang. Moskow juga menekankan bahwa setiap senjata asing di wilayah Ukraina akan dianggap sebagai target yang sah.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)