Israel Disebut Setuju Pasok Sistem Rudal Canggih Blue Spear ke Ukraina

Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:02 WIB
loading...
Israel Disebut Setuju Pasok Sistem Rudal Canggih Blue Spear ke Ukraina
Sistem rudal Blue Spear buatan Israel yang dilaporkan hendak dipasok ke Ukraina. Foto/Israel Aerospace Industries
A A A
KIEV - Israel dilaporkan telah menyetujui permintaan Estonia untuk melengkapi Ukraina dengan sistem rudal darat-ke-laut Blue Spear (5G SSM) yang canggih.

Laporan itu disampaikan jurnalis Ukraina, Rostyslav Demchuk.

Estonia, yang membeli sistem rudal Blue Spear dalam jumlah yang tidak ditentukan dari pabrikannya; Israel Aerospace Industries (IAI), pada Oktober 2021, meminta izin Israel untuk mentransfer salah satu sistem tersebut ke Angkatan Bersenjata Ukraina yang saat ini melawan invasi Rusia.

Israel, menurut Demchuk yang dilansir The Jerusalem Post, Sabtu (14/5/2022), memenuhi permintaan negara Baltik tersebut.

Namun, Israel belum memberikan konfirmasi secara resmi atas laporan jurnalis Ukraina tersebut.



Sistem rudal Blue Spear adalah salah satu sistem rudal anti-kapal paling canggih di dunia, memungkinkan untuk diluncurkan dari platform berbasis darat dengan penerbangan dengan kecepatan subsonik tinggi.

Sistem rudal anti-kapal akan menjadi sangat penting di teater selatan Ukraina, yang terutama berkisar pada pertempuran laut di Laut Hitam dan Laut Azov.

Laporan dari jurnalis Ukraina itu muncul menyusul laporan media Israel, Ha'aretz, pada awal Mei lalu yang menyatakan Israel condong ke arah memperluas bantuannya ke Ukraina, termasuk mengirim bantuan militer.

Peningkatan bantuan akan menjadi langkah substansial dibandingkan dengan apa yang telah disediakan Israel, dan akan lebih simbolis. "Dan tidak termasuk pasokan dalam jumlah besar karena bantuan yang sudah diberikan oleh AS dan negara-negara Eropa," tulis media Israel tersebut.

Israel telah berusaha untuk mencapai keseimbangan antara Rusia dan Ukraina, tetapi Ha'aretz mengutip sumber yang mengatakan AS dan beberapa negara Eropa mengharapkan Israel untuk mengambil sikap yang lebih jelas mengenai pihak mana ia berada dan untuk mendukung keputusannya dengan tindakan, bukan hanya pernyataan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)