Amnesty: Bukti Tunjukkan Pasukan Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Dekat Kiev

Sabtu, 07 Mei 2022 - 19:30 WIB
loading...
Amnesty: Bukti Tunjukkan Pasukan Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Dekat Kiev
Amnesty: Bukti Tunjukkan Pasukan Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Dekat Kiev. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Amnesty International mengatakan pada Jumat (6/5/2022), ada bukti kuat bahwa pasukan Rusia telah melakukan kejahatan perang, termasuk eksekusi di luar hukum terhadap warga sipil ketika mereka menduduki sebuah daerah di luar ibukota Ukraina pada bulan Februari dan Maret.

“Warga sipil juga mengalami pelanggaran seperti "penembakan dan penyiksaan sembrono" di tangan pasukan Rusia selama serangan gagal mereka di Kiev pada tahap awal invasi yang diluncurkan oleh Kremlin pada 24 Februari,” kata kelompok hak asasi itu dalam sebuah laporan, seperti dikutip dari Reuters.



"Ini bukan insiden yang terisolasi. Ini adalah bagian dari pola di mana pasukan Rusia mengendalikan sebuah kota atau desa," jelas Donatella Rovera, penasihat senior tanggap krisis Amnesty, mengatakan pada konferensi pers di Kiev.

Menurutnya, informasi yang dikumpulkan oleh kelompok itu dapat digunakan untuk meminta pertanggungjawaban pelaku. “Jika tidak hari ini, suatu hari nanti,” katanya.

Rusia, yang menyebut invasinya sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis, menyangkal pasukannya melakukan pelanggaran. Kiev dan pendukung Baratnya mengatakan, klaim fasisme adalah dalih palsu untuk perang agresi yang tidak beralasan.



Pihak berwenang Ukraina mengatakan, mereka sedang menyelidiki lebih dari 9.000 potensi kejahatan perang oleh pasukan Rusia. Pengadilan Kriminal Internasional juga sedang menyelidiki dugaan kejahatan perang.

Laporan Amnesty adalah yang terbaru untuk mendokumentasikan dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia ketika mereka menduduki daerah barat laut Kiev, termasuk kota Bucha, di mana pihak berwenang Ukraina mengatakan lebih dari 400 warga sipil tewas Moskow menarik pasukannya pada awal April.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa pasukan Rusia telah melakukan "sejumlah kejahatan perang yang nyata" di Bucha, termasuk "banyak pembunuhan di luar hukum", kebanyakan dari mereka di dekat persimpangan jalan Yablunska dan Vodoprovidna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)