Amerika Serikat Segera Buka Kembali Kedubes di Kiev

Selasa, 26 April 2022 - 01:30 WIB
loading...
Amerika Serikat Segera Buka Kembali Kedubes di Kiev
Amerika Serikat Segera Buka Kembali Kedubes di Kiev. FOTO/CNN
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) berjanji untuk segera membuka kembali kedutaannya di Kiev . Hal itu terungkap ketika Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi ibukota Ukraina dan memuji keberhasilan Kiev sejauh ini melawan invasi Rusia.

Kedua pejabat tinggi AS itu mengatakan, fakta bahwa mereka bisa datang ke Kiev adalah bukti kegigihan Ukraina dalam memaksa Moskow untuk meninggalkan serangan di ibukota bulan lalu. Keduanya menjanjikan lebih banyak bantuan untuk menangkis pasukan Rusia yang sekarang mencoba maju di sektor timur.



"Apa yang telah Anda lakukan dalam memukul mundur Rusia dalam pertempuran Kiev sangat luar biasa dan terus terang menginspirasi seluruh dunia," kata Austin kepada Presiden Volodymyr Zelensky pada pertemuan semalam, setelah perjalanan kereta api dari Polandia, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami di sini untuk mendukung Anda dengan cara apa pun yang memungkinkan," kata Blinken: "Alasan kami kembali adalah karena Anda, karena keberanian, kepemimpinan, dan kesuksesan luar biasa yang Anda miliki dalam mendorong kembali agresi Rusia yang mengerikan ini," lanjutnya.

Para pejabat AS juga mengatakan, mereka menjanjikan bantuan baru senilai USD713 juta untuk pemerintah Zelensky dan negara-negara lain di kawasan itu. Bantuan militer tambahan sebesar USD322 juta untuk Ukraina akan membuat total bantuan keamanan AS sejak invasi menjadi sekitar USD3,7 miliar, kata seorang pejabat.

"Ini akan memberikan dukungan untuk kemampuan yang dibutuhkan Ukraina, terutama pertarungan di Donbas," kata pejabat itu.



Ini juga akan membantu transisi Angkatan Bersenjata Ukraina ke sistem senjata dan pertahanan udara yang lebih maju -- pada dasarnya sistem yang mampu NATO, pejabat itu menambahkan dengan syarat anonim.

Pertemuan antara delegasi AS dan para pemimpin Ukraina berlangsung selama tiga jam, atau lebih dari dua kali lipat waktu yang ditentukan, kata seorang pejabat AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)