Biden Haramkan Kapal Rusia Berlabuh di AS

Jum'at, 22 April 2022 - 02:15 WIB
loading...
Biden Haramkan Kapal Rusia Berlabuh di AS
Presiden Joe Biden melarang kapal Rusia untuk berlabuh di pelabuhan AS. Foto/Independent
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mengikuti jejak Uni Eropa dan melarang semua kapal yang berafiliasi dengan Rusia untuk berlabuh di pelabuhannya. Hal itu diumumkan langsung oleh Presiden AS Joe Biden .

Larangan ini berlaku untuk semua kapal yang mengibarkan bendera Rusia, dimiliki, atau dioperasikan oleh entitas dari negara tersebut.

“Tidak ada kapal, tidak ada kapal yang berlayar di bawah bendera Rusia, atau yang dimiliki atau dioperasikan oleh kepentingan Rusia, akan diizinkan untuk berlabuh di pelabuhan AS atau mengakses pantai kami. Tidak ada,” kata Biden di Gedung Putih, setelah bertemu dengan Perdana Menteri Ukraina , seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (22/4/2022).



Selain mengharamkan kapal Rusia berlabuh pelabuhan, Biden juga mengumumkan sebuah program untuk membebaskan warga Ukraina berimigrasi ke AS secara langsung, bantuan ekonomi langsung senilai USD500 juta ke Kiev – dengan total USD1 miliar sejak Februari – dan $800 juta lagi dalam bentuk senjata, amunisi, dan peralatan.

"Bantuan baru akan melihat puluhan howitzerdan 144.000 butir amunisi dikirim ke militer Ukraina," kata Biden.

AS juga berbagi data "intelijen tepat waktu yang signifikan" dengan Kiev dan mengoordinasikan pengiriman senjata dari sekutu dan mitranya, "mengirimnya langsung ke garis depan kebebasan," kata Biden.

Sekitar 18 howitzer derek, 200 pengangkut personel lapis baja usang dan 100 humvee sudah dalam perjalanan ke Ukraina, dan militer AS sedang melatih sekelompok kecil pasukan Ukraina untuk menggunakannya, di negara ketiga yang tidak disebutkan.



Rusia telah memperingatkan Barat bahwa mereka akan menargetkan sistem senjata apa pun yang dikirim ke Ukraina – seperti rudal S-300 Slovakia, yang dibawa Biden sebagai contoh bantuan yang berhasil ke Kiev, yang dilaporkan dihancurkan awal bulan ini . Namun klaim itu dibantah oleh Bratislava.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)