Kedubes Diserang Demonstran, Iran Panggil Utusan Afghanistan

Selasa, 12 April 2022 - 20:36 WIB
loading...
Kedubes Diserang Demonstran, Iran Panggil Utusan Afghanistan
Iran memanggil kuasa usaha Afghanistan di Teheran untuk memprotes serangan terhadap misi diplomatiknya di kota Kabul dan Herat. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Iran memanggil kuasa usaha Afghanistan di Teheran untuk memprotes serangan terhadap misi diplomatik negara itu di kota Kabul dan Herat pada Selasa (12/4/2022).

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan layanan konsuler di misi diplomatik Afghanistan akan menghentikan operasi mereka sampai keamanan penuh terjamin.

Kementerian Luar Negeri Iran mendesak pihak berwenang Afghanistan untuk mengambil tindakan terhadap mereka yang menyerang misi diplomatiknya di Ibu Kota Kabul dan kota barat Herat.



Pada hari Senin, puluhan orang berkumpul di luar Kedutaan Besar Iran di Kabul tengah, melemparkan batu dan menghancurkan kamera keamanan, menurut laporan lokal.

Konsulat Iran di Herat juga menjadi sasaran pada hari Senin oleh pengunjuk rasa yang marah, tampaknya tidak senang dengan kondisi pengungsi Afghanistan di Iran.

Sesuai laporan, massa yang marah mencoba menerobos masuk ke dalam gedung konsulat tetapi upaya itu digagalkan oleh penjaga dan pasukan keamanan Afghanistan, yang melepaskan tembakan ke udara.

Pada hari Senin, juru bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh meminta otoritas Taliban di Afghanistan untuk memastikan keamanan misi Iran di negara itu.



"Keamanan penuh kedutaan dan misi diplomatik Republik Islam Iran di Herat dan kota-kota lain di Afghanistan harus diperhatikan dan jaminan yang diperlukan untuk operasi yang aman dari misi ini diperlukan," katanya kepada wartawan di Teheran seperti dikutip dari Anadolu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)