Deplu AS: Presiden Biden yakin Pasukan Quds Iran Kelompok Teror

Sabtu, 09 April 2022 - 13:50 WIB
loading...
Deplu AS: Presiden Biden yakin Pasukan Quds Iran Kelompok Teror
Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC). Foto/The Atlantic
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yakin Pasukan Quds Iran adalah organisasi teroris. Hal itu diungkapkan seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS.

Pernyataan terbaru datang setelah jenderal tinggi militer AS, Jenderal Mark Milley, mengatakan awal pekan ini bahwa dia tidak mendukung penghapusan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) dari daftar hitam kelompok teroris AS dan menyuarakan keyakinannya bahwa Pasukan Quds adalah kelompok teror.

“Saya akan mengatakan bahwa Presiden berbagi (Jenderal Milley) memandang bahwa Pasukan IRGC-Quds adalah teroris, dan lebih dari itu, kami tidak akan mengomentari topik dalam pembicaraan nuklir,” kata Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri Jalina Porter seperti sikutip dari Al Arabiya, Sabtu (9/4/2022).



Iran menuntut agar AS menghapus IRGC kelompok teroris sebagai bagian dari kesepakatan nuklir baru, yangingin dicapai oleh pemerintahan Biden.

Berbicara kepada anggota parlemen minggu ini, Jenderal Milley dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin ditanya tentang pandangan pribadi mereka tentang apakah IRGC adalah kelompok teror atau bukan.

Austin menolak berkomentar dan Jenderal Milley membuat pendapatnya didengar. Meskipun Milley ditanya tentang IRGC, dia mengatakan Pasukan IRGC-Quds adalah organisasi teroris.



Tidak jelas apakah dia sengaja membuat perbedaan atau apakah AS sedang mempertimbangkan untuk menghapus IRGC dan membiarkan Pasukan IRGC-Quds tetap berada dalam daftar.

Ditanya oleh Al Arabiya English untuk pembaruan tentang pembicaraan kesepakatan nuklir di Wina, Porter mengatakan tidak ada pembaruan.

Namun dia menambahkan bahwa kesepakatan itu belum akan terjadi dalam waktu dekat-dekat ini atau pasti saat ini.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)