Anggap Barat Munafik, Netizen Arab Tidak Simpatik dengan Perang Ukraina

Jum'at, 08 April 2022 - 11:24 WIB
loading...
Anggap Barat Munafik, Netizen Arab Tidak Simpatik dengan Perang Ukraina
Anggap Barat munfik, netizen Arab tidak simpatik dengan Perang Rusia Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Ketika perhatian dunia Barat tertuju ke Ukraina selama invasi Rusia , pengguna media sosial alias netizen di dunia Arab cenderung tidak menunjukkan solidaritasnya. Hal itu dikarenakan kurangnya dukungan internasional untuk warga Arab pada saat pergolakan.

Pada platform media sosial seperti Facebook dan Twitter, banyak postingan dalam bahasa Arab telah melihat konflik dengan apa yang mereka katakan sebagai standar ganda keterlibatan Barat yang acuh tak acuh, serta intervensi mematikan paling buruk ketika datang ke negara-negara seperti Suriah, Yaman, Libya, dan Irak.

Banyak netizen melihat kemunafikan lebih lanjut di negara-negara Barat yang buru-buru mengutuk dan menjatuhkan sanksi kepada Rusia sementara menutup mata atas kebijakan Israel terhadap Palestina . Dukungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terhadap Israel juga tidak diterima dengan baik.



Persamaan lain yang ditarik oleh netizen Arab termasuk sikap Eropa yang membuka pintu untuk warga Ukraina yang melarikan diri dari negara mereka versus migran Timur Tengah dan Afrika.

Mahmoud Pargoo, peneliti di Institut Alfred Deakin di Melbourne, memetakan tren ini menggunakan tweet dalam bahasa Arab yang diposting antara 22 Februari dan 15 Maret.

Pargoo menemukan bahwa hampir 12 persen dari semua postingan berbahasa Arab yang membahas perang Rusia-Ukraina — total enam juta tweet — juga menyebutkan Suriah, Yaman, Irak, Afghanistan, dan Palestina.

"Ini seperti perspektif tingkat kedua ke Ukraina entah bagaimana, mereka melihat sesuatu di Ukraina tentang diri mereka sendiri, atau cerminan dari keluhan mereka," kata Pargoo seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (8/4/2022).

Dia mencatat bahwa sementara pengguna Twitter berbahasa Inggris prihatin dengan "pengalaman tingkat pertama" dalam konflik, tweet dalam bahasa Arab fokus pada masalah gambaran yang lebih besar.



"Ini seperti studi tentang sesuatu, itu objek, itu hanya merujuk Anda pada sesuatu yang lebih besar tentang masalah politik, hubungan internasional, kemunafikan Barat, dan seterusnya dan seterusnya," terangnya.

Pargoo mengatakan penelitiannya masih dalam tahap awal dan belum memperhitungkan kemungkinan aktivitas terkoordinasi dari aktor asing, seperti peternakan troll yang berusaha menyebarkan disinformasi.

Dunia Arab sendiri tidak asing dengan retorika terpisah. Di media sosial Arab, pengguna tidak senang dengan perbandingan maladroit wartawan dan komentator antara Ukraina serta negara-negara Timur Tengah, dan penggunaan istilah liberal dimuat seperti "beradab."

"Hal yang membuat orang sedikit kesal adalah apa yang mereka lihat sebagai perbedaan dalam perhatian internasional, tetapi juga dalam liputan media dan bahasa yang digunakan untuk berbicara tentang para korban serta apa yang disebut di media Barat dan media lainnya — 'Agresi Rusia' dan seterusnya," terang Dina Matar, profesor di School of Oriental and African Studies (SOAS) di London, kepada Newsweek.

"Sementara istilah dan kata-kata ini tidak digunakan dengan cara yang sama ketika membahas, katakanlah, kerusuhan atau protes atau kekerasan dalam konteks dunia Arab," ia melanjutkan.



Dukungan untuk Rusia juga telah lazim di lingkungan media sosial berbahasa Arab, karena Kremlin dianggap melawan imperialisme Amerika. Narasi semacam itu juga dapat ditemukan di antara komentator Barat terkemuka yang mencap diri mereka sebagai anti-imperialis.

Di Facebook, grup Facebook berbahasa Arab yang berfokus pada perkembangan Ukraina-Rusia mengumpulkan puluhan ribu anggota dan beberapa postingan harian memuji Rusia. Beberapa menunjukkan dukungan untuk Ukraina.

Matar mengatakan bahwa kecenderungan di kalangan orang Arab untuk mengasosiasikan Rusia dengan anti-imperialisme memiliki sejarah panjang yang terkait dengan perjuangan melawan imperialisme dan kolonialisme.

"Sentimen umum semacam ini memiliki sejarah panjang," katanya kepada Newsweek.

"Jadi itu bukan sesuatu yang baru, tapi kembali ke Perang Dingin, bahkan sebelum Perang Dingin," imbuhnya.



Seperti bagian dunia lainnya, disinformasi yang disponsori Kremlin juga telah menyebar ke media sosial Arab. Penolakan pembunuhan warga sipil di Mariupol dan Bucha, serta desakan bahwa Ukraina mengoperasikan biolab, telah beredar dalam bahasa Arab.

Meskipun ukuran sampelnya cukup besar, postingan media sosial tidak selalu mencerminkan pandangan semua orang Arab di Timur Tengah, Afrika Utara, dan diaspora.

Di Lebanon, warga Ukraina di Ibu Kota Beirut bergabung dengan warga negara Lebanon untuk melakukan protes anti-perang di dekat kedutaan Rusia.

Sebuah jajak pendapat yang diterbitkan pada bulan Maret oleh think tank yang berbasis di Ramallah, Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina menemukan bahwa 43 persen orang Palestina yang disurvei menyalahkan Rusia karena memulai perang dengan Ukraina, dibandingkan dengan 40 persen yang menyalahkan Ukraina.

Namun, 57 persen percaya perang menunjukkan standar ganda AS dan Eropa ketika konflik adalah tentang pendudukan Israel atas wilayah Palestina.

Dua puluh delapan persen mengatakan kedua situasi terlalu berbeda, sementara 10 persen berpikir negara-negara Barat menentang Rusia sama seperti mereka menentang Israel.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)