Zelensky akan Pidato di Dewan Keamanan PBB, Tuntut Sanksi Baru Rusia

Selasa, 05 April 2022 - 18:56 WIB
loading...
Zelensky akan Pidato di Dewan Keamanan PBB, Tuntut Sanksi Baru Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi kota Bucha. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan berpidato di Dewan Keamanan PBB pada Selasa (5/4/2022). Dia diperkirakan akan menuntut sanksi baru yang keras terhadap Moskow atas pembunuhan di kota Bucha yang dia sebut sebagai "kejahatan perang" dan "genosida."

Pidato tersebut adalah yang pertama dilakukan Zelensky di Dewan Keamanan PBB sejak invasi Rusia. Langkah ini setelah dia melakukan perjalanan emosional ke Bucha, di mana puluhan mayat ditemukan setelah penarikan pasukan Rusia.

Gambar mengerikan mayat-mayat tergeletak di jalan-jalan, beberapa orang dengan tangan terikat di belakang mereka, telah memicu kecaman internasional terhadap Rusia.



Moskow telah membantah bertanggung jawab dan menyebut gambar itu palsu atau kematian terjadi setelah pasukan Rusia ditarik keluar dari daerah tersebut.



Tetapi foto-foto satelit yang baru dirilis yang diambil Maxar Technologies pada pertengahan Maret, sebelum penarikan Rusia, menunjukkan apa yang tampak seperti mayat di beberapa tempat yang sama mereka kemudian ditemukan pasukan Ukraina dan dilihat wartawan.



Pada Senin, dengan mengenakan pelindung tubuh dan tampak tertekan, Zelensky menghabiskan setengah jam di Bucha, di mana dia menyalahkan pasukan Rusia atas pembunuhan tersebut.

“Ini adalah kejahatan perang dan akan diakui oleh dunia sebagai genosida,” tegas dia, dilansir Arab News.

Kemudian dalam pidato malamnya, dia mengatakan, “Tanggapan sanksi terhadap pembantaian warga sipil oleh Rusia akhirnya harus kuat.”

"Tapi ... apakah ratusan orang kita harus mati dalam penderitaan agar beberapa pemimpin Eropa akhirnya mengerti bahwa negara Rusia layak mendapat tekanan paling parah?" tanyanya dalam video yang diposting ke Telegram.

Dia juga menyerukan senjata tambahan dari sekutu Barat, mengatakan lebih banyak peralatan bisa menyelamatkan ribuan orang.

"Saya tidak menyalahkan Anda, saya hanya menyalahkan militer Rusia. Tapi kamu bisa saja membantu," ujar dia

Sekutu Ukraina menyebut pembunuhan di Bucha sebagai kejahatan perang, dengan Uni Eropa (UE) menawarkan mengirim penyelidik untuk mengumpulkan bukti.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa harus ada "pengadilan kejahatan perang."

Dia menambahkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin "adalah penjahat perang."

Gedung Putih menegaskan akan mengumumkan sanksi baru terhadap Moskow pekan ini.

Prancis menyarankan langkah-langkah baru dapat menargetkan ekspor minyak dan batu bara Rusia.

Tetapi Jerman memperingatkan terlalu dini untuk memotong gas Rusia.

Semua hubungan ekonomi dengan Rusia harus diputuskan, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner mengatakan, “Tetapi saat ini, tidak mungkin untuk memotong pasokan gas. Kami butuh waktu.”

Di tempat lain, Amerika Serikat dan Inggris mengatakan mereka akan meminta penangguhan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB, langkah yang dicap Moskow “tidak dapat dipercaya.”

Rusia telah menyerukan pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang apa yang disebutnya sebagai "provokasi keji kaum radikal Ukraina di Bucha," tetapi Inggris yang memegang kursi kepresidenan Dewan Keamanan PBB sejauh ini menolak permintaan tersebut.

Sifat penuh dari pembunuhan di Bucha dan daerah lain di mana pasukan Rusia telah ditarik masih disatukan.

Pada Senin, mayat lima pria ditemukan di ruang bawah tanah sanatorium anak-anak di Bucha.

Kantor Kejaksaan Ukraina mengatakan mereka adalah warga sipil tak bersenjata, yang telah diikat, dipukuli dan dibunuh oleh pasukan Rusia.

Dan di Motyzhyn, sebelah barat Kiev, polisi Ukraina menunjukkan kepada wartawan AFP mayat lima warga sipil dengan tangan terikat, termasuk kepala desa, suami dan putranya.

Pejabat Ukraina mengatakan lebih dari 400 mayat sipil telah ditemukan dari wilayah Kiev, banyak dari mereka telah dimakamkan di kuburan massal.

Tetapi Zelensky telah memperingatkan bahwa kematian di Bucha mungkin hanya puncak gunung es, dengan mengatakan dia memiliki informasi bahwa lebih banyak orang telah terbunuh di tempat-tempat seperti Borodianka di dekatnya.

Wartawan AFP yang mengunjungi daerah itu sebentar tidak melihat mayat di jalan-jalan, tetapi penduduk setempat melaporkan banyak kematian.

“Saya tahu lima warga sipil tewas,” ungkap Rafik Azimov (58). "Tapi kami tidak tahu berapa banyak lagi yang tersisa di ruang bawah tanah bangunan yang hancur setelah pemboman," papar dia.

“Saya menguburkan enam orang,” ujar seorang warga lainnya, Volodymyr Nahornyi.

Dia menambahkan, "Lebih banyak orang berada di bawah reruntuhan."

Penarikan Rusia dari Kiev telah dilihat sebagai poros serangan baru di timur dan selatan negara itu, di mana Moskow ingin mengkonsolidasikan wilayah di sekitar Krimea yang diduduki dan negara bagian separatis Donetsk dan Lugansk.

Pemerintah Ukraina telah memperingatkan Moskow sedang mempersiapkan serangan "skala penuh" di timur negara itu dan pejabat regional mendesak warga sipil mengevakuasi Luhansk karena takut akan serangan besar Rusia.

Pentagon memperkirakan Rusia telah menarik sekitar dua pertiga dari pasukan yang dimilikinya di sekitar Kiev dan akan memindahkan mereka ke timur dan selatan, dengan Gedung Putih memperingatkan, "Fase berikutnya dapat diukur dalam beberapa bulan atau lebih lama."

Bahkan di mana pasukan telah ditarik, ketakutan tetap ada, dengan Walikota Kiev Vitali Klitschko mengatakan kepada penduduk untuk menunggu sebelum kembali, dengan alasan bahaya penembakan yang terus berlanjut dan bahaya amunisi yang tidak meledak.

Semalam, sirene serangan udara terdengar di sebagian besar negara itu, dari Lviv di barat hingga Mykolaiv selatan, di mana para pejabat mengatakan pada Senin bahwa serangan Rusia menewaskan 10 warga sipil dan melukai 46 orang.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan amunisi tandan, yang meledak di udara dan mengirim lusinan bom kecil ke area yang luas, digunakan di kota itu.

Konvensi PBB tahun 2008 melarang produksi dan penggunaan senjata tandan, tetapi konvensi itu belum ditandatangani oleh Rusia atau Ukraina.

Tentara Ukraina mengatakan fasilitas perumahan dan medis, termasuk rumah sakit anak-anak, ditembaki.

"Ada yang tewas dan terluka, termasuk anak-anak," papar tentara Ukraina.

Di tempat lain di selatan, kekhawatiran tetap ada tentang warga sipil yang terperangkap di kota Mariupol yang terkepung.

Pihak berwenang mengatakan sedikitnya 5.000 orang telah tewas di kota itu, 90% di antaranya telah hancur, menurut Walikota Vadym Boichenko.

“Sekitar 130.000 penduduk masih terjebak di dalam kota, dan upaya untuk mengevakuasi mereka sekarang terhenti karena pengeboman yang berkelanjutan,” ujar dia.

Palang Merah mengatakan pada Senin, satu tim yang dikirim untuk membantu warga sipil keluar dari Mariupol ditahan polisi di wilayah yang dikuasai Rusia.

Konflik terburuk di Eropa dalam beberapa dekade telah menewaskan sebanyak 20.000 orang sejak invasi Rusia pada 24 Februari, menurut perkiraan Ukraina.

Lebih dari 4,2 juta warga Ukraina telah meninggalkan negara itu dan sekitar 6,5 juta telah mengungsi, ungkap badan-badan PBB.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)