Perang Ukraina, Indonesia Jadi Medan Tarik-menarik Konflik Rusia vs AS Cs

Kamis, 24 Maret 2022 - 13:58 WIB
loading...
Perang Ukraina, Indonesia Jadi Medan Tarik-menarik Konflik Rusia vs AS Cs
Wilayah Mykolaiv, Ukaina, hancur diinvasi Rusia. Indonesia yang jadi tuan rumah KTT G-20 jadi medan tarik-menarik konflik antara Rusia dengan Amerika Serikat dan sekutunya. Foto/REUTERS/Nacho Doce
A A A
JAKARTA - Perang Rusia di Ukraina telah genap sebulan pada Kamis (24/3/2022). Dalam situasi tersebut, Indonesia telah menjadi medan tarik-menarik konflik antara Rusia dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya karena negara ini menjadi tuan rumah KTT G-20 November mendatang.

AS dan sekutunya telah menjatuhkan sanksi kerasnya terhadap Moskow sejak invasi dimulai. Penjatuhan sanksi itu, membuat konflik meluas tak hanya antara Rusia dengan Ukraina tapi juga antara Moskow dengan Washington dan sekutunya.

“Indonesia pun menjadi medan tarik-menarik bagi konflik Rusia dengan AS dan sekutunya mengingat Indonesia akan menyelenggarakan KTT G-20 bulan Nopember mendatang,” kata Profesor Hikmahanto Juwana, pakar hukum internasional di Universitas Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/3/2022).

“AS dan sekutunya minta kepada Indonesia sebagai Presiden G-20 untuk mempertimbangkan keanggotaan Rusia,” ujarnya.



Australia sudah mengancam tidak akan hadir dalam KTT G-20 bila Rusia hadir.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengonfirmasi kehadiran Presiden Vladimir Putin dalam KTT G-20 di Indonesia, November mendatang.

“Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri harus segera bertindak untuk suksesnya KTT G-20 dan memastikan semua kepala pemerintahan dan kepala negara hadir,” kata Hikmahanto.

Menuruntya, ada tiga langkah yang harus dilakukan Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Pertama, kementerian tersebut harus turun menjadi juru damai atas konflik yang terjadi di Ukraina dan saat ini meluas antara Rusia dengan AS dan sekutunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)