Rusia Peringatkan NATO Tidak Kirim Pasukan Perdamaian ke Ukraina

Kamis, 24 Maret 2022 - 04:30 WIB
loading...
Rusia Peringatkan NATO Tidak Kirim Pasukan Perdamaian ke Ukraina
Rusia peringatkan NATO tidak kirim pasukan perdamaian ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov memperingatkan bahwa jika NATO setuju dengan proposal Polandia untuk mengerahkan pasukan penjaga perdamaian ke Ukraina , langkah itu dapat memicu konflik militer antara blok pimpinan Amerika Serikat (AS) itu dengan Moskow.

“Rekan-rekan Polandia kami telah menyatakan bahwa akan ada pertemuan puncak NATO sekarang, dan penjaga perdamaian harus dikerahkan. Saya harap mereka mengerti apa yang dipertaruhkan. Ini akan menjadi bentrokan langsung antara angkatan bersenjata Rusia dan NATO, yang semua orang tidak hanya ingin hindari tetapi juga mengatakan bahwa itu tidak boleh terjadi pada prinsipnya,” jelasnya.

Lavrov juga mengklaim bahwa Warsawa mungkin ingin membangun pijakan di kota besar Lvov di Ukraina barat dan tetap di sana setelah konflik berakhir.



“Kenapa tidak, mereka punya pemikiran seperti itu, dan bukan hanya pemikiran, ini terjadi di masa lalu,” katanya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (24/3/2022).

Diplomat top Rusia itu juga memperingatkan negara-negara Baltik agar tidak mengirim "batalyon kecil" mereka untuk memerangi pasukan Rusia di Ukraina.

Awal pekan lalu, perdana menteri Polandia, Republik Ceko, dan Slovenia dilaporkan melakukan perjalanan ke Kiev untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Setelah itu, Wakil Perdana Menteri Polandia Jarosław Kaczynski menyatakan bahwa NATO harus mengerahkan misi penjaga perdamaian ke Ukraina sementara Uni Eropa (UE) harus memberikan status kandidat resmi kepada Kiev.



“Saya percaya bahwa misi penjaga perdamaian NATO diperlukan, misi yang dapat mempertahankan diri dan akan beroperasi di Ukraina,” ujar Kaczynski.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menolak permohonan Kiev untuk menetapkan zona larangan terbang di atas Ukraina, dengan mengatakan hal itu pasti akan mengarah pada bentrokan langsung dengan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)