3 Presiden Ukraina Sebelum Zelensky, Nomor 2 Mengasingkan Diri di Rusia

Jum'at, 18 Maret 2022 - 08:48 WIB
loading...
3 Presiden Ukraina Sebelum Zelensky, Nomor 2 Mengasingkan Diri di Rusia
(Foto searah jarum jam) Petro Poroshenko, Viktor Fedorovych Yanukoych, Viktor Yuschenko. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Kursi eksekutif tertinggi Ukraina saat ini diduduki Volodymyr Zelensky. Dia adalah mantan komedian dan aktor yang berkecimpung di dunia politik, namun dengan gagah berani melindungi Ukraina dari upaya invasi Rusia sebagai presiden yang tangguh.

Zelensky sendiri menjadi presiden keenam Ukraina, terhitung sejak negara itu menggelar pemilu pertama pada 1 Desember 1991, dengan Leonid Kravchuk sebagai presiden pertamanya.

Sebelumnya, Kepresidenan Ukraina modern dibentuk pada Juli 1991, ketika Rada Verkhovna dari Republik Sosialis Soviet Ukraina mengesahkan undang-undang.

Pada masa itu, didirikanlah kantor Presiden Republik Sosialis Ukraina. Lalu setelah Ukraina berhasil merdeka dari keruntuhan Uni Soviet, gelar tersebut diubah menjadi Presiden Ukraina.

Berikut ini adalah beberapa Presiden Ukraina sebelum kepemimpinan Zelensky.

1. Petro Poroshenko

Petro Oleksiyovych mengawali kariernya pada tahun 1998, sebelum akhirnya memenangkan pemilu 2014 dan menjadi presiden kelima.

3 Presiden Ukraina Sebelum Zelensky, Nomor 2 Mengasingkan Diri di Rusia


Jabatannya berlangsung selama satu periode mulai dari 2014-2019. Poroshenko juga pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri (2009-2010) dan Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (2005).

Semasa kepemimpinannya, Poroshenko telah mengampanyekan banyak tranparansi dan reformasi, membuat Ukraina mencapai keberhasilan yang cukup dalam menangani korupsi sektor publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0901 seconds (0.1#10.140)