Ingatkan Tragedi WTC dan Pearl Harbour, Zelensky kepada AS: Kami Membutuhkan Anda

Rabu, 16 Maret 2022 - 23:01 WIB
loading...
Ingatkan Tragedi WTC dan Pearl Harbour, Zelensky kepada AS: Kami Membutuhkan Anda
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato secara virtual dihadapan Kongres AS untuk meminta bantuan. Foto/Metro.co.uk
A A A
WASHINGTON - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Amerika Serikat (AS) untuk berbuat lebih banyak lagi untuk membantu negaranya memerangi serangan gencar Rusia . Saat melakukan pidato bersejarah di hadapan Kongres AS, Zelensky mengutip sejumlah tragedi dalam sejarah Amerika untuk meminta bantuan Presiden Joe Biden .

"Anda adalah pemimpin negara besar Anda. Saya berharap Anda menjadi pemimpin dunia. Menjadi pemimpin dunia berarti menjadi pemimpin perdamaian," ujarnya dalam pidato yang dilakukan secara virtual seperti dikutip dari CNN, Rabu (16/3/2022).

Pidato tersebut juga menampilkan video pendek dengan adegan mengerikan dari negara yang dilanda perang yang secara grafis menggambarkan korban brutal dan mematikan dari invasi Rusia. Pada akhirnya, tertulis pesan di layar yang berbunyi: "tutup langit di atas Ukraina."



"Teman-teman, warga Amerika, dalam sejarah besar Anda, Anda memiliki halaman yang memungkinkan Anda memahami orang Ukraina, memahami kami sekarang, ketika kami membutuhkan Anda sekarang," katanya.

"Ingat Pearl Harbor, pagi yang mengerikan tanggal 7 Desember 1941, ketika langit Anda hitam karena pesawat-pesawat yang menyerang Anda," kata Zelensky.

"Ingat saja, ingat, 11 September, hari yang mengerikan di tahun 2001 ketika kejahatan mencoba mengubah kota-kota AS menjadi medan perang, ketika orang-orang yang tidak bersalah diserang dari udara, seperti yang tidak diperkirakan orang lain dan Anda tidak dapat menghentikannya. Negara kami mengalami yang sama, setiap hari, sekarang juga saat ini," imbuhnya.

Presiden Ukraina menyatakan terima kasih kepada Biden atas bantuan yang telah diberikan AS sejauh ini, tetapi dia berpendapat bahwa lebih banyak bantuan sangat dibutuhkan. Zelensky secara khusus mengulangi seruan agar AS membantu menegakkan zona larangan terbang di Ukraina untuk melindungi warga sipil dan menyediakan jet tempur yang dapat digunakan Ukraina untuk mempertahankan diri.



"Rusia telah mengubah langit Ukraina menjadi sumber kematian bagi ribuan orang," kata Zelensky saat menggambarkan penggunaan rudal, bom, dan drone oleh pasukan Rusia untuk melakukan serangan brutal dan mematikan di negaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)