4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya

Rabu, 09 Maret 2022 - 17:17 WIB
loading...
4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya
(Foto searah jarum jam) John F Kennedy, Jose Mujica, Herbert Hoover, Lee Myung Bak. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Beberapa presiden yang tidak menerima gaji di dunia umumnya menggunakan gajinya untuk kegiatan-kegiatan amal atau kemanusiaan.

Mereka beralasan bahwa sudah sepantasnya sebagai seorang presiden mengabdi untuk negaranya, sehingga tidak memerlukan imbalan.

Salah satu presiden di dunia yang pernah menolak gaji dari negaranya adalah George Washington dari Amerika Serikat (AS). Perilakunya ini ternyata banyak ditiru oleh generasi-generasi setelahnya ketika para presiden mulai menolak gaji dan lebih memilih untuk menyumbangkannya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 4 presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya:

1. John F Kennedy di Amerika Serikat

John F Kennedy menjadi nama pertama dari presiden yang tidak menerima gaji dari negaranya. John F Kennedy merupakan presiden Amerika Serikat periode 1961 sampai dia meninggal karena dibunuh pada November 1963.

4 Presiden yang Tidak Mau Menerima Gaji dari Negaranya


John F Kennedy diketahui menyumbangkan seluruh gajinya sebagai presiden untuk amal. Bahkan, sebelum menjadi presiden, John F Kennedy juga sudah menyumbangkan gajinya untuk kepentingan amal.

Selama enam tahun Kennedy sebagai anggota kongres, delapan tahun sebagai senator, dan hampir dua tahun menjadi presiden, total gajinya yang diberikan untuk amal mencapai kisaran USD500.000.

Kennedy bukanlah presiden Amerika Serikat pertama yang menolak gajinya, karena sebelumnya, George Washington juga menolak gajinya sebagai presiden dan lebih memilih menyumbangkannya ke badan amal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)