Rusia Sepakati Gencatan Senjata 6 Jam di Mariupol dan Volnovakha

Sabtu, 05 Maret 2022 - 17:26 WIB
loading...
Rusia Sepakati Gencatan Senjata 6 Jam di Mariupol dan Volnovakha
Rusia Sepakati Gencatan Senjata 6 Jam di Mariupol dan Volnovakha. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Militer Rusia menerapkan gencatan senjata di dua wilayah Ukraina untuk memungkinkan warga sipil mengungsi, media pemerintah Rusia melaporkan, Sabtu (5/3/2022). Ini adalah terobosan pertama yang memungkinkan warga sipil melarikan diri dari zona perang.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menyepakati rute evakuasi dengan pasukan Ukraina untuk memungkinkan warga sipil meninggalkan pelabuhan strategis Mariupol di tenggara dan kota timur Volnovakha “dari pukul 10 pagi waktu Moskow” (8 pagi GMT). Pernyataan samar-samar itu tidak menjelaskan berapa lama rute akan tetap dibuka.



Seorang pejabat tinggi di Mariupol mengatakan, gencatan senjata akan berlangsung hingga pukul 4 sore. (2 siang GMT) dan evakuasi di sepanjang koridor kemanusiaan akan dimulai pada pukul 11 pagi (9 pagi GMT).

“Koridor kemanusiaan akan meluas dari kota ke Zaporizhzhia,” kata Pavlo Kirilenko, kepala administrasi militer-sipil Donetsk yang mencakup Mariupol.

Sebelumnya, Kepala Dewan Keamanan Ukraina, Oleksiy Danilov, telah meminta Rusia untuk membuat koridor kemanusiaan untuk memungkinkan anak-anak, wanita, dan orang dewasa untuk menjauh dari pertempuran, menyebut koridor tersebut sebagai “pertanyaan No. 1.”



Ketika pasukan Rusia menyerang lokasi-lokasi strategis, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengecam NATO karena menolak memberlakukan zona larangan terbang di negaranya. Ia juga memperingatkan bahwa "semua orang yang mati mulai hari ini dan juga akan mati karena Anda."

NATO mengatakan, zona larangan terbang dapat memicu perang yang meluas di Eropa dengan Rusia yang bersenjata nuklir. Tetapi, ketika Amerika Serikat dan anggota NATO lainnya mengirim senjata ke Kiev dan lebih dari 1 juta pengungsi tumpah ke seluruh benua, konflik tersebut telah menarik negara-negara yang jauh melampaui perbatasan Ukraina.

Presiden Ukraina dijadwalkan untuk memberi pengarahan kepada para senator AS pada hari Sabtu melalui konferensi video, ketika Kongres mempertimbangkan permintaan dana darurat sebesar USD10 miliar untuk bantuan kemanusiaan dan kebutuhan keamanan.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)