Tiba di Tanah Air, Ini Rute Evakuasi WNI dari Ukraina

Kamis, 03 Maret 2022 - 20:01 WIB
loading...
Tiba di Tanah Air, Ini Rute Evakuasi WNI dari Ukraina
Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA keluarga dari WNI di Ukraina tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (3/3/2022) sore. Foto/Dok.Kemlu
A A A
JAKARTA - Pesawat Garuda Indonesia yang membawa pulang warga negara Indonesia (WNI) dari Ukraina telah mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (3/3/2022) sore sekitar pukul 17.10 WIB.

Sekitar 80 warga negara Indonesia dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan. Mereka dijemput oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen Muhammad Herindra.

Dalam konferensi pers, Retno Marsudi mengungkapkan kronologis dan rute evakuasi dalam rangka memulangkan WNI dari Ukraina.



"Sebagai informasi kepada rekan-rekan media, tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta pada hari Selasa 2 Maret 2022 pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, 3 Maret 2022 pukul 15.10 waktu setempat," ungkapnya.

"Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat," sambungnya.

"Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest - Madinah - Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam," tuturnya.



Menurut Retno, perjalanan yang harus dilalui oleh para WNI sangat tidak mudah. Mereka harus melalui sejumlah pemeriksaan dan di tengah jam malam yang berlaku di sana.

Dalam kesempatan itu, Retno memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah membantu upaya evakuasi para WNI dari Ukraina.

"Dan kepada WNI yang baru saja dievakuasi dari Ukraina, saya sampaikan selamat datang di tanah air dan selamat berkumpul dengan keluarga," pungkasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)