Intelijen Barat: China Minta Rusia Tunda Invasi Hingga Olimpiade Selesai

Kamis, 03 Maret 2022 - 15:06 WIB
loading...
Intelijen Barat: China Minta Rusia Tunda Invasi Hingga Olimpiade Selesai
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden China Xi Jinping sebelum upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing. Foto/The New York Times
A A A
WASHINGTON - Sebuah laporan intelijen Barat mengindikasikan bahwa para pejabat China pada awal Februari meminta para pejabat senior Rusia menunggu sampai setelah Olimpiade Beijing selesai sebelum memulai invasi ke Ukraina , menurut pejabat senior pemerintahan Joe Biden dan seorang pejabat Eropa.

Laporan intelijen Barat menunjukkan bahwa pejabat senior China memiliki beberapa tingkat pengetahuan yang secara langsung mengetahui rencana atau niat perang Rusia sebelum invasi dimulai minggu lalu.

Laporan ini pertama kali dikeluarkan oleh media Amerika Serikat (AS), TheNew York Times, Kamis (3/3/2022).



China mengadakan upacara penutupan Olimpiade pada 20 Februari. Keesokan harinya, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan lebih banyak pasukan Rusia untuk memasuki daerah yang dikuasai pemberontak di Ukraina timur setelah televisi negara menyiarkan pertemuan antara dia dan dewan keamanan nasionalnya dan, secara terpisah, pidato kemarahan di mana dia mengatakan Ukraina harus menjadi bagian dari Rusia.

Pada awal 24 Februari, militer Rusia memulai invasi skala penuh ke Ukraina, termasuk melakukan serangan ke kota-kota dengan rudal balistik, artileri, dan tank.

"Para pejabat Amerika dan Eropa mengatakan mereka merasa sulit untuk percaya bahwa hanya kebetulan bahwa invasi Putin tidak dimulai sampai tepat setelah Olimpiade. Pada Agustus 2008, Rusia menginvasi Georgia selama Olimpiade Musim Panas di Beijing, yang membuat marah beberapa pejabat China," tulis New York Times.

Sebelumnya Presiden Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Xi Jinping dari China di Beijing pada 4 Februari sebelum upacara pembukaan Olimpiade.



Kemudian pada saat itu Moskow dan Beijing mengeluarkan pernyataan 5.000 kata yang menyatakan bahwa kemitraan mereka “tidak memiliki batas,” mencela ekspansi NATO dan menegaskan bahwa mereka akan membangun tatanan global baru dengan “demokrasi” sejati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)