Pertama Kalinya, Sekolah di Minnesota Berlakukan Libur Idul Fitri

Rabu, 02 Maret 2022 - 17:43 WIB
loading...
Pertama Kalinya, Sekolah di Minnesota Berlakukan Libur Idul Fitri
Untuk pertama kalinya, sekolah distrik di Minnesota berlakukan libur Idul Fitri dan Idul Adha. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Untuk pertama kalinya sejumlah distrik sekolah di Minnesota, Amerika Serikat (AS) akan mengakui Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hari libur resmi sekolah pada tahun ini. Sebelumnya, meski komunitas Muslim berkembang di kota itu, distrik sekolah belum secara resmi merayakan hari libur umat Muslim.

"Muslim bukan lagi minoritas kecil. Di beberapa distrik, mereka mewakili persentase besar Muslim," ujar Jaylani Hussein, direktur eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Muslim-Minnesota, seperti dilansir dari Al Araby, Rabu (2/3/2022).

"Banyak yang Muslim tradisional, jadi ambil bagian dalam liburan Idul Fitri penting bagi mereka," imbuhnya.



Distrik sekolahyang akan merayakan libur Idul Fitri dan Idul Adha adalah Minneapolis, Hopkins, Moorhead dan Mankato. Selain distrik-distrik itu memiliki populasi Muslim yang tinggi, terutama berasal dari Somalia, beberapa pemimpin dewan sekolah juga Muslim, yang menurut Hussein telah membantu proses tersebut.

Dengan kebijakan baru ini di beberapa distrik sekolah, Minnesota bergabung dengan sejumlah negara bagian yang semakin banyak mengakui hari libur Muslim.

"Kami berharap lebih dari ini terjadi," kata Hussein. "Sekarang kami memiliki momentum, kami akan menargetkan lebih banyak distrik," sambungnya.



Meskipun distrik di seluruh AS dengan populasi Muslim yang tinggi telah membuat pengajuan agar hari libur Muslim di masukkan ke dalam sekolah, namun keputusan akhir tidak selalu berdasarkan pada angka.

Misalnya, distrik Fairfax County di Virginia yang memiliki populasi Muslim yang tinggi, namun sejauh ini belum berhasil memberikan hari libur Muslim, meskipun ada upaya yang cukup besar.

Sementara itu, mereka diamati di sekolah-sekolah di Vermont, salah satu negara bagian paling putih di negara itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)