Volodymyr Zelensky, Miliarder di Negara Miskin Ukraina

Selasa, 01 Maret 2022 - 21:20 WIB
loading...
Volodymyr Zelensky, Miliarder di Negara Miskin Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Wilson Center
A A A
JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjadi sorotan dunia pasca melawan invasi Rusia yang dilakukan sejak 24 Februari lalu, baik dari sisi pribadi, keluarga ataupun gaya kepemimpinannya.

Lalu siapa sebenarnya Volodymyr Zelensky?

Volodymyr Zelensky adalah seorang politikus Ukraina, mantan aktor dan komedian yang telah menjabat sebagai presiden Ukraina sejak 2019. Zelensky adalah pendiri perusahaan produksi Kvartal 95. Perusahaannya memproduksi film, kartun, dan acara TV seperti Servant of the People.



Volodymyr Oleksandrovych Zelensky lahir pada tahun 1978 di Kryvyi Rih dari orang tua Yahudi. Ayahnya adalah seorang profesor di Institut Ekonomi Kryvyi Rih dan ibunya adalah seorang insinyur.

Kakeknya bertugas di Tentara Merah ketika Perang Dunia Kedua pecah. Sebelum masuk ke sekolah dasar, Zelensky bersama ayahnya di kota Erdenet, Mongolia, selama empat tahun.

Dia menerima hibah pendidikan dari Israel ketika dia baru berusia 16 tahun, namun ayahnya tidak mengizinkannya pergi. Dia kemudian lulus dalam bidang Hukum dari Institut Ekonomi Kryvyi Rih.

Dia bergabung dengan tim kompetisi komedi KVN lokal pada usia 17 dan kemudian diundang untuk bergabung dengan tim Ukraina bersatu "Zaporizhia-Kryvyi Rih-Transit". Dia memenangkan Liga Utama KVN dan mendirikan tim Kvartal 95 di tahun yang sama. Kvartal 95 mulai melakukan diversifikasi dengan memproduksi acara TV untuk saluran TV Ukraina 1+1 pada tahun 2003.



Sebagai mantan aktor dan komedian ternama, serta mempunyai perusahaan produksi, Zelensky tentu bisa dibilang sebagai seorang Crazy Rich Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)