PM Inggris: Rusia Rencanakan Perang Terbesar di Eropa Sejak 1945

Minggu, 20 Februari 2022 - 06:28 WIB
loading...
PM Inggris: Rusia Rencanakan Perang Terbesar di Eropa Sejak 1945
PM Inggris Boris Johnson menuduh Rusia tengah merencanakan perang terbesar di Eropa sejak 1945 di tengah krisis Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bukti menunjukkan Rusia sedang merencanakan "perang terbesar di Eropa sejak 1945".

"Semua tandanya adalah bahwa rencana itu dalam beberapa hal telah dimulai," kata Johnson dalam sebuah wawancara dengan wartawan BBC seperti dilansir dari kantor berita yang berbasis di Inggris itu, Minggu (20/2/2022)

Johnson mengatakan intelijen menunjukkan Rusia bermaksud untuk meluncurkan invasi yang akan mengepung ibukota Ukraina.



"Orang-orang perlu memahami biaya yang harus ditanggung dalam kehidupan manusia," ujarnya.

Perdana Menteri Inggris itu berbicara dari Munich, di mana para pemimpin dunia bertemu untuk konferensi keamanan tahunan.

Perkiraan terbaru oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) menunjukkan jumlah tentara Rusia yang sekarang ditempatkan di sepanjang perbatasan Ukraina, baik di Rusia dan tetangganya Belarusia, adalah antara 169.000 dan 190.000.



Pejabat Barat telah memperingatkan dalam beberapa pekan terakhir bahwa Rusia dapat bersiap untuk menyerang kapan saja, tetapi Rusia membantah klaim tersebut dengan mengatakan pasukannya sedang melakukan latihan militer di wilayah tersebut.

Ditanya apakah invasi Rusia masih dianggap akan segera terjadi, Johnson berkata: "Saya khawatir itulah yang ditunjukkan oleh bukti, tidak ada gunanya."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)