Suara Tembakan Terdengar di Donbass, Pemberontak dan Kiev Saling Tuding

Kamis, 17 Februari 2022 - 19:59 WIB
loading...
Suara Tembakan Terdengar di Donbass, Pemberontak dan Kiev Saling Tuding
Ukraina dan kelompok pemberontak saling tuding telah melepaskan tembakan dalam insiden terbaru di Donbass. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Suara tembakan dan ledakan dilaporkan telah terjadi di jalur kontak di wilayah Donbass yang dilanda perang di Ukraina . Pasukan Kiev dan mereka yang setia pada dua republik yang menyatakan diri memisahkan diri saling menuduh satu sama lain telah melakukan agresi beberapa jam setelah Kremlin memperingatkan pertempuran baru mungkin akan terjadi.

Para pemimpin dari Republik Rakyat Donetsk (DPR) separatis yang tidak dikenal di timur Ukraina melaporkan pada hari Kamis (17/2/2022) bahwa pasukan pemerintah telah menyerang pinggiran wilayahnya. Menurut DPR, unit dari Kiev menembaki beberapa kota dan desa menggunakan mortir 82 milimeter, granat tangan, serta senapan.

Sedangkan Angkatan Bersenjata Ukraina kemudian melaporkan bahwa sebuah pemukiman yang terletak di dekat Republik Rakyat Lugansk, wilayah lain yang memisahkan diri di wilayah tersebut, telah diserang dan foto-foto yang beredar secara online dimaksudkan untuk menunjukkan sebuah taman kanak-kanak yang terkena peluru di sisi yang dikendalikan oleh pasukan pemerintah.

Pihak berwenang menyatakan bahwa dua warga sipil telah terluka, rudal menghantam sekolah, dan setengah dari area tersebut telah kehilangan listrik. Warga pun dievakuasi seperti dilansir dari Russia Today.



Kiev telah terkunci dalam perang saudara dengan dua wilayah yang memisahkan diri sejak 2014, ketika separatis mendeklarasikan republik merdeka setelah penggulingan Presiden Viktor Yanukovych selama protes jalanan massal. Pejabat Ukraina, bersama dengan negara-negara Barat, menuduh Rusia mendukung kelompok pemberontak dan memicu konflik.

Moskow menyangkal menjadi pihak dalam perang, dan tidak secara resmi mengakui Republik Rakyat Donetsk serta Republik Rakyat Lugansk sebagai negara merdeka.

Namun minggu ini, parlemen Rusia memberikan suara mendukung mosi yang ditujukan kepada Presiden Vladimir Putin yang menyerukan Rusia untuk mengumumkan dukungannya bagi kemerdekaan Donetsk dan Lugansk, dengan 351 legislator mendukung rancangan proposal dan hanya 16 yang menentang.



Putin telah mengatakan bahwa dia menyukai solusi diplomatik dan percaya bahwa perjanjian Minsk harus dihormati, tetapi belum menanggapi secara resmi proposal tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)