Bikin Heboh, Kapal Perang Siluman China Mirip Kapal Zumwalt AS

Kamis, 17 Februari 2022 - 07:39 WIB
loading...
Bikin Heboh, Kapal Perang Siluman China Mirip Kapal Zumwalt AS
Kapal perang siluman terbaru China yang sangat mirip dengan kapal perang USS Zumwalt Amerika Serikat. Foto/Sina Weibo
A A A
BEIJING - Foto kapal perang siluman baru China yang misterius beredar di media sosial Sina Weibo. Penampakannya memicu kehebohan publik, terutama pakar militer, karena sangat mirip dengan kapal perang USS Zumwalt Amerika Serikat (AS).

Kapal misterius Beijing itu memiliki kemiringan, desain tumblehome dengan pulau komando pusat, seperti yang ada pada Zumwalt.

Sebuah keterangan yang disertakan pada foto menunjukkan kapal itu keluar untuk uji coba. Namun, hampir tidak ada hal lain yang diketahui tentang kapal itu, termasuk ukurannya.
Bikin Heboh, Kapal Perang Siluman China Mirip Kapal Zumwalt AS

Foto/Liz Wolter

Naval News dan pakar Angkatan Laut H.I. Sutton mengatakan bahwa foto itu bukan hoaks. "Tetapi peringatan berlaku," tulis dia, Rabu (16/2/2022).



Dia mencatat bahwa kapal itu kemungkinan kecil, mungkin seukuran kapal otonom Sea Hunter Angkatan Laut AS, karena apa pun yang lebih besar akan diperhatikan oleh satelit atau pengamat galangan kapal—keduanya secara teratur mengambil foto drydocks utama China untuk melacak kemajuan dari kapal-kapal yang sedang dibangun.

Pengguna Sina Weibo yang membagikan foto kapal misterius itu mencatat bahwa siluet itu memiliki kemiripan tertentu dengan kapal futuristik yang muncul pada karya seni promosi dari Jiangnan Shipyard, fasilitas Shanghai yang memproduksi sebagian besar armada kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat.

China telah mengembangkan beberapa kapal perang yang menerapkan beberapa prinsip konstruksi siluman, mulai dari kapal rudal Type 022 yang kecil hingga kapal penjelajah Type 055 yang sangat besar.

Namun, Angkatan Laut AS yang tampaknya terinspirasi oleh teknologi China baru-baru ini, bukan sebaliknya, telah mengusulkan desain untuk kapal penjelajah CG(X) Angkatan Laut yang akan datang dalam simposium Angkatan laut bulan lalu. Desain itu memiliki kemiripan yang menakutkan dengan kapal penjelajah Type 055 China.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)