30 Kapal Perang Armada Laut Hitam Rusia Mulai Pergerakan di Dekat Krimea

Sabtu, 12 Februari 2022 - 18:04 WIB
loading...
30 Kapal Perang Armada Laut Hitam Rusia Mulai Pergerakan di Dekat Krimea
Kapal perang dari Armada Laut Hitam Rusia mulai memasuki wilayah dekat Krimea. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Lebih dari 30 kapal perang dari armada Laut Hitam Rusia telah memulai latihan di dekat semenanjung Krimea . Manuver ini sebagai bagian dari latihan angkatan laut yang lebih luas, kantor berita RIA melaporkan pada Sabtu (12/2/2022).

Pergerakan puluhan kapal perang Rusia ini terjadi ketika negara-negara Barat memperingatkan bahwa perang di Ukraina dapat terjadi kapan saja.

Baca: Rusia Frustrasi setelah 9 Jam Negosiasi soal Ukraina Gagal

Laporan RIA menyebut, lebih dari 30 kapal Rusia telah meninggalkan pelabuhan Sevastopol dan Novorossiisk “sesuai dengan rencana latihan” di dekat Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014.

RIA mengatakan, tujuan dari latihan itu adalah pertahanan pantai Krimea, pos terdepan armada Laut Hitam, serta sektor ekonomi dan komunikasi angkatan laut.

Pada bulan lalu, Rusia telah mengumumkan bahwa Angkatan Laut mereka akan menggelar serangkaian latihan yang melibatkan semua armadanya pada Februari. Latihan akan digelar dari Pasifik hingga Atlantik. Ukraina sudah melayangkan keberatan dan menyebut armada Rusia telah memblokir jalur perdagangan. Hal yang dibantan Rusia.

Baca: Kremlin: Manuver 140 Kapal Perang Rusia di Laut Hitam Sesuai Hukum Internasional

Semua manuver militer yang dilakukan kapal Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam selama latihan perang telah mematuhi hukum internasional dan rute perdagangan tidak terpengaruh. Demikian diungkapkan Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, Kamis (11/2/2022).

Juru bicara kepresidenan Rusia itu membantah kaim Kiev, bahwa maneuver kapal-kapal perang Rusia itu telah memblokir rute perdagangan di Laut Hitam.

"Semua manuver dan penempatan militer oleh kapal-kapal Rusia di Laut Hitam dilakukan sesuai dengan hukum maritim internasional," Peskov menekankan, seperti dikutip dari kantor berita TASS, Kamis (10/2/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1477 seconds (11.97#12.26)