Intel AS: 9 Kemungkinan Rute Invasi Skala Penuh Rusia ke Ukraina

Jum'at, 11 Februari 2022 - 05:23 WIB
loading...
Intel AS: 9 Kemungkinan Rute Invasi Skala Penuh Rusia ke Ukraina
Intelijen AS memprediksi 9 kemungkinan rute invasi skala penuh Rusia ke Ukraina. Foto/Tangkapan layar
A A A
WASHINGTON - Militer Rusia dapat mengambil sembilan rute berbeda ke Ukraina dalam invasi skala penuh. Begitu penilaian militer dan intelijen Amerika Serikat (AS), dan tank berpotensi mencapai Kiev, Ibu Kota Ukraina, dalam waktu 48 jam.

Menurut penilaian tersebut Rusia telah mengerahkan hampir 100 dari 168 kelompok batalyon-taktis militer, yang masing-masing terdiri dari 800 hingga 900 tentara, dengan lebih banyak lagi yang mengalir setiap hari. Dan Presiden Vladimir Putin telah mengirimkan personel dan peralatan enam dari tujuh unit operasi khusus Rusia, yang disebut Spetsnaz . Setiap unit terdiri dari 250 hingga 300 pasukan elit.

Dua skenario invasi yang paling luas akan melibatkan serangan simultan dari berbagai sisi — sebuah manuver yang dikenal sebagai gerakan menjepit atau double envelopment.

Dalam satu pendekatan yang diuraikan dalam penilaian itu, militer Rusia akan mengambil alih sebagian besar wilayah Ukraina di sebelah timur Sungai Dnipro, yang mencakup sekitar 50 persen pasukan militer Ukraina, termasuk unit mereka yang paling kapabel.

Tank Rusia dan unit mekanis akan melintasi perbatasan dari Rusia dan bergerak menuju Poltava dan Kharkiv, mengelilingi kota-kota saat mereka bergerak ke sungai. Pasukan darat akan maju di sepanjang tiga garis dari Donbas, bergerak ke timur dan selatan ke Crimea, serta mengambil garis pantai di sepanjang Laut Azov.

Helikopter militer Rusia secara bersamaan akan mendukung serangan udara dari Crimea.



Opsi ini juga dapat mencakup serangan amfibi untuk mengambil alih pantai Laut Hitam, serta unit udara dan darat yang bergerak dari Odessa ke Moldova untuk membuat jembatan darat di sepanjang Laut Hitam.

"Rusia telah menempatkan kapal selam dan lima kapal amfibi dengan batalyon laut di lepas pantai Ukraina. Enam lagi berada di posisi untuk berada di sana dalam beberapa hari," menurut penilaian tersebut seperti dikutip dari NBC News, Jumat (11/2/2022).

Opsi yang bahkan lebih agresif menambahkan dua rute serangan dari utara untuk mengepung Kiev — dan termasuk tembakan artileri, peperangan elektronik, dan kemungkinan pasukan darat bergerak ke selatan dari Belarusia menuju Zhytomer dan timur ke Kyiv.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)