Buru Bos ISIS-K, AS Tawarkan Hadiah Rp143,9 Miliar

Selasa, 08 Februari 2022 - 08:30 WIB
loading...
Buru Bos ISIS-K, AS Tawarkan Hadiah Rp143,9 Miliar
Amerika Serikat menawarkan hadiah USD10 juta atau lebih dari Rp143,9 miliar untuk informasi yang mengarah pada penangkapan pemimpin ISIS-K di Afghanistan, Sanaullah Ghafari. Foto/Departemen Luar Negeri AS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menawarkan hingga USD10 juta (lebih dari Rp143,9 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapan pemimin ISIS Khorasan (ISIS-K), Sanaullah Ghafari.

Bos ISIS di Afghanistan itu diburu Amerika terkait pengeboman mematikan di bandara Kabul tahun lalu.

Tawaran hadiah diumumkan Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin.

Serangan bom saat evakuasi di bandara Kabul pada Agustus 2021 menewaskan 170 warga sipil Afghanistan dan 13 personel militer AS. Itu terjadi di tengah penarikan pasukan AS yang kacau dari Afghanistan.



Ghafari–juga dikenal sebagai Shahab al-Muhajir–diangkat sebagai pemimpin ISIS-K pada Juni 2020.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, yang dikutip Reuters, Selasa (8/2/2022), dia bertanggung jawab untuk menyetujui semua operasi ISIS-K di seluruh Afghanistan dan mengumpulkan dana untuk kelompok teroris tersebut.

Hasil penyelidikan militer AS atas serangan bom 26 Agustus di bandara Kabul, yang dirilis pada 4 Februari 2022, menemukan bahwa kemungkinan besar pengeboman dilakukan oleh satu orang yang meledakkan satu alat peledak, sarat dengan bantalan bola, di tengah kerumunan yang penuh sesak.

Beberapa hari setelah pengeboman itu, AS melakukan serangan pesawat tak berawak yang awalnya dikatakan Pentagon menargetkan para tersangka milisi ISIS-K.

Tetapi media dengan cepat melaporkan bahwa 10 warga sipil Afghanistan, termasuk beberapa anak-anak, telah tewas dalam serangan Amerika tersebut.

Para pejabat AS kemudian meminta maaf atas serangan militer itu, meskipun tidak ada anggota militer AS yang dihukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)