Dahsyatnya Jet Siluman F-35 AS Tergelincir di Kapal Induk lalu Jatuh ke Laut China Selatan

Senin, 07 Februari 2022 - 07:55 WIB
loading...
Dahsyatnya Jet Siluman F-35 AS Tergelincir di Kapal Induk lalu Jatuh ke Laut China Selatan
Video baru yang bocor ke publik menunjukkan jet tempur siluman F-35C AS tergelincir hebat di kapal induk lalu terlempar ke perairan di Laut China Selatan. Foto/Screenshot reddit.com/aviation
A A A
WASHINGTON - Sebuah video baru yang beredar secara online pada hari Minggu (7/2/2022) menunjukkan jet tempur siluman F-35C Amerika Serikat (AS) tergelincir dahsyat di dek kapal induk USS Carl Vinson. Sesaat kemudian, pesawat canggih itu jatuh di perairan Laut China Selatan.

Itu adalah video terbaru yang bocor ke publik dari insiden 24 Januari 2022.

Dalam kecelakaan itu F-35C Angkatan Laut AS mengalami kecelakaan pendaratan secara keras di dek kapal induk USS Carl Vinson di lokasi yang dirahasiakan di Laut China Selatan.

Pilot pesawat berhasil melontarkan diri dengan selamat, meskipun enam pelaut Amerika mengalami luka-luka saat pesawat terlempar ke laut.



Video baru ini, yang kemungkinan diambil oleh anggota awak kapal induk, menunjukkan rekaman pengawasan kecelakaan yang diputar di monitor. Salah satu akun Twitter yang menyebarkan video tersebut adalah @Fighterman_FFRC.

Rekaman menunjukkan jet tempur F-35C mendekati kapal induk untuk mendarat ketika kontrol penerbangan meneriakkan peringatan untuk "melepaskan" pendaratan. Pesawat menyentuh dek penerbangan dengan keras dan kemudian menabrak ramp dengan ekor dan mesinnya.

Dampaknya, yang membuat bagian ekor pesawat terlempar, menyebabkan pesawat berputar melintasi dek.

Rekaman video itu juga menunjukkan bagian belakang F-35 terbakar segera setelah tumbukan.

Pilot keluar dari pesawat yang rusak di tengah dek. Untungnya, pesawat itu sangat miring ke sisi kiri pada saat itu, dan sistem ketapel mengirim pilot langsung ke laut daripada ke suprastruktur kapal induk di sebelah kanan pesawat.

Pesawat kemudian meluncur melintasi dek, jatuh dari kapal induk dan ke laut. Awak pemadam kebakaran terlihat berlari dengan selang untuk menyiram dek beberapa detik setelah pesawat jatuh dari kapal.

Cuplikan insiden dari sudut yang berbeda telah muncul sebelumnya, menunjukkan pesawat berdengung di kapal induk beberapa saat sebelum upaya pendaratan yang naas.

Foto lain yang bocor ke publikmenunjukkan pesawat canggih itu mengapung di laut tak lama setelah insiden tersebut.

Angkatan Laut AS belum berkomentar atas bocornya video terbaru dari kecelakaan jet tempur siluman F-35C.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)