Taman legoland pertama di asia dibuka di Malaysia

Senin, 17 September 2012 - 09:41 WIB
Taman legoland pertama di asia dibuka di Malaysia
Taman legoland pertama di asia dibuka di Malaysia
A A A
Sindonews.com - Taman bertema Legoland pertama di Asia dibuka di Nusajaya, negara bagian Johor, Malaysia selatan,akhir pekan lalu.Ini merupakan langkah Malaysia menarik lebih banyak wisatawan asing ke negaranya.

Sebanyak 10.000 pengunjung memadati hari pertama pembukaan Legoland Malaysia tersebut. Saat pembukaan, guntingan kertas dan balon diluncurkan ke udara bersamaan dengan penampilan istimewa kelompok marching band dari Denmark.

Ribuan orang tampak menikmati taman bermain seluar 76 hektare yang terletak di dekat selat yang memisahkan Malaysia dan Singapura. Merlin Entertainments dari Eropa menjadi operator Legoland Malaysia.Mereka sudah berpengalaman sebagai pengelola Madame Tussauds, the London Eye dan SEA LIFE.

Managing Director Legoland Parks untuk Merlin Entertainments John Jakobsen berharap Legoland Malaysia meraih kesuksesan karena kedekatannya dengan Singapura yang berhasil menggaet 13,2 juta wisatawan tahun lalu.

“Sungguh luar biasa melihat Legoland Park pertama di Asia dapat terwujud,”tuturnya. Taman itu dilengkapi berbagai atraksi yang diharapkan dapat mengubah wilayah yang sepi itu menjadi pusat pariwisata baru. Selain permainan, ada ribuan model Lego yang dipajang sebagai hiasan di taman tersebut.

Pengunjung yang datang ke taman tersebut akan langsung disambut berbagai badut yang mengenakan kostum dengan berbagai karakter. Pembangunan taman itu dimulai sejak 2011, saat traktor-traktor meratakan perbukitan yang penuh dengan tanaman kelapa sawit.

Taman itu pun menjadi atraksi utama di kota dan zona ekonomi baru yang disebut Iskandar Malaysia. Pemerintah Malaysia meluncurkan wilayah itu sebagai pusat ekonomi sebagai bagian dari rencana lima tahun yang memakan anggaran hingga USD65 miliar (Rp628 Triliun).

Dengan dana sebesar itu,pemerintah mengubah kawasan itu menjadi pusat ekonomi di negara bagian Johor yang relatif masih sepi. Dengan pembukaan Legoland Malaysia berarti taman itu menjadi yang keenam di dunia setelah ada di Denmark, Inggris,California, Florida,dan Jerman.

Legoland Malaysia dibagi menjadi tujuh bagian yakni “Lego Kingdom”,“Lego City” dan “Lego Technic”. Sebagian besar permainan di sana diperuntukkan bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Namun, taman itu juga memiliki beragam atraksi untuk seluruh keluarga seperti “4D Lego Studios”dan “Miniland” yang menyajikan sejumlah ikon Asia seperti Angkor Wat di Kamboja dan Petronas Towers yang merupakan menara kembar tertinggi di dunia yang ada di Malaysia.

Merlin Entertainments menargetkan sebanyak 2 juta pengunjung per tahun dari pasar di Asia,termasuk India, China,dan Hong Kong,saat berbagai atraksi baru disajikan.

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat menarik 36 juta wisatawan pada 2020. Tahun lalu,sebanyak 25 juta wisatawan mengunjungi Malaysia,memberi pemasukan sebesar 58 juta ringgit.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3330 seconds (0.1#10.140)