Khianati Kelompoknya, Komandan Hamas Ini Jadi Mata-mata Israel

Senin, 31 Januari 2022 - 14:20 WIB
loading...
Khianati Kelompoknya, Komandan Hamas Ini Jadi Mata-mata Israel
Seorang komandan militer Hamas yang ditahan oleh kelompoknya sendiri atas tuduhan menjadi mata-mata Israel telah melarikan diri dari penjara di Gaza. Foto/Abed Rahim Khatib/Flash90
A A A
GAZA - Abed al-Karim Abu Odeh (35) adalah salah satu komandan militer Hamas yang ditahan di penjara Gaza oleh kelompoknya sendiri atas tuduhan menjadi mata-mata Israel .

Dia ditangkap dan ditahan sejak 2019. Namun, dia melarikan diri dari penjara pada Sabtu pagi pekan lalu.

Abu Odeh, yang kini jadi buronan kelompoknya sendiri, dicurigai memetakan terowongan bawah tanah dengan alat pelacak yang diduga diterimanya dari "bos"-nya di Israel.

Tidak jelas bagaimana Abu Odeh, yang ditahan di Penjara Ansar di Jalur Gaza, berhasil melarikan diri.

Baca juga: 4 Komandan Mossad Mundur, Ada Apa dengan Intelijen Israel?

Pelarian yang langka itu dilihat oleh banyak orang Palestina sebagai hal yang sangat memalukan bagi Hamas.

Seorang jurnalis Palestina di Jalur Gaza melaporkan Hamas telah menangkap sejumlah tersangka karena dicurigai membantu Abu Odeh melarikan diri dari penjara.

Para pejabat Hamas menggambarkan Abu Odeh sebagai "tahanan keamanan yang sangat berbahaya". Mereka menawarkan hadiah untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Para pejabat mengatakan mereka tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa Abu Odeh, yang merupakan salah satu komandan Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, akan mencoba menyeberangi perbatasan ke Israel.

Hamas mendirikan pos pemeriksaan dan mengerahkan puluhan petugas keamanan di beberapa bagian Jalur Gaza, terutama di dekat perbatasan dengan Israel, dalam upaya untuk mencegah Abu Odeh meninggalkan daerah kantong pantai Palestina tersebut.

Hamas juga memperingatkan para nelayan di Jalur Gaza untuk tidak membantu Abu Odeh.

Eyad al-Bozm, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Gaza yang dikuasai Hamas, seperti dikutip Jerusalem Post, Senin (31/1/2022), mengatakan Abu Odeh telah melarikan diri dari penjara pada Sabtu pagi.

“Pasukan keamanan [Hamas] mengambil tindakan untuk menangkapnya kembali,” ujarnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pada Sabtu malam, petugas keamanan Hamas menggerebek rumah Abu Odeh dan menangkap beberapa anggota keluarganya. Para petugas menggeledah rumah dan merusak perabotannya.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1933 seconds (11.97#12.26)