Lagi-lagi Korut Tembakkan 2 Rudal, Ke-6 dalam Bulan Ini

Kamis, 27 Januari 2022 - 08:21 WIB
loading...
A A A
Pyongyang belum menguji coba rudal balistik antarbenua atau pun senjata nuklir lagi sejak 2017, dan terus menegakkan moratorium yang diberlakukan sendiri bahkan setelah diplomasi dengan Amerika Serikat terhenti.

Manuver Korea Utara ini terjadi pada saat yang sulit di kawasan itu, dengan satu-satunya sekutu utama Kim Jong-un, China, akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin bulan depan dan Korea Selatan bersiap-siap untuk pemilihan presiden pada bulan Maret.

“Rezim Kim sedang mengembangkan keragaman senjata ofensif yang mengesankan meskipun sumber daya terbatas dan tantangan ekonomi yang serius,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha Seoul.

“Tes Korea Utara tertentu bertujuan untuk mengembangkan kemampuan baru, terutama untuk menghindari pertahanan rudal,” ujarnya.

“Peluncuran lainnya dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan dan keserbagunaan pasukan rudal yang telah dikerahkan Korea Utara.”

Setelah satu dekade berkuasa, Kim Jong-un tidak memiliki banyak hal untuk dirayakan, dengan ekonomi yang dilanda pandemi COVID-19 menyebabkan kekurangan pangan di dalam negeri, diplomasi dengan Amerika Serikat terhenti dan sanksi yang menggigit telah menyebabkan kesengsaraan.

Menurut para analis, itu mungkin menjelaskan mengapa Korea Utara telah melakukan lima uji coba senjata dalam tiga minggu terakhir.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)