Bom Pipa Ditemukan di Markas Demokrat, Kamala Harris Dievakuasi

Jum'at, 07 Januari 2022 - 15:27 WIB
loading...
Bom Pipa Ditemukan di Markas Demokrat, Kamala Harris Dievakuasi
Sebuah bom pipa ditemukan di Markas Demokrat saat penyerangan Gedung US Capitol, Kamala Harris dievakuasi. Foto/Politico
A A A
WASHINGTON - Laporan terbaru seputar penyerangan Gedung US Capitol , Amerika Serikat (AS), pada 6 Januari tahun lalu mengungkapkan bahwa sebuah bom pipa ditemukan di luar markas Komite Nasional Demokrat (DNC). Saat itu, Kamala Harris tengah berada di dalam gedung.

Wakil presiden terpilih saat itu, yang dilantik dua minggu kemudian, dievakuasi beberapa menit setelah polisi Capitol mulai menyelidiki bom itu, seperti dilaporkan Politico seperti dilansir dari The Guardian, Jumat (7/1/2022).

FBI menggambarkan bom itu sebagai perangkat "layak" yang "bisa diledakkan, mengakibatkan cedera serius atau kematian."



Mengutip sumber anonim, Politico mengatakan bahwa Harris dievakuasi dari kantor DNC di Washington pada pukul 13.14 pada 6 Januari, tujuh menit setelah polisi menangani bom tersebut.

Ancaman dari bom pipa akhirnya dinetralkan pada pukul 16.36, sementara bom lain, yang ditemukan di markas besar Komite Nasional Partai Republik (RNC), dijinakkan pada pukul 15.33.

Berita bahwa Harris, untuk sementara waktu, rentan terhadap potensi ledakan menambah dimensi baru pada peristiwa 6 Januari. Harris adalah wakil presiden wanita pertama AS dan wanita kulit berwarna pertama di Gedung Putih.



Saat Harris dikawal dari gedung DNC, para pendukung Trump mulai bergulat dengan polisi di tangga gedung Capitol. Beberapa dari kelompok itu akan menerobos gedung lebih dari satu jam kemudian.

Tidak ada yang ditangkap sehubungan dengan bom DNC dan RNC, yang menurut FBI ditanam oleh orang yang sama. Perangkat ditanam pada malam 5 Januari, dan ditemukan keesokan harinya.

Pada bulan September, FBI menerbitkan serangkaian video yang menunjukkan apa yang dikatakan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Badan tersebut, bersama dengan Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak, menawarkan hadiah USD100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar untuk informasi yang mengarah pada identifikasi orang dalam video tersebut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)