Fokus Tangani Covid-19, PM Jepang Batalkan Lawatan ke AS dan Australia

Rabu, 05 Januari 2022 - 12:15 WIB
loading...
Fokus Tangani Covid-19, PM Jepang Batalkan Lawatan ke AS dan Australia
Fokus Tangani Covid-19, PM Jepang Batalkan Lawatan ke AS dan Australia. FOTO/Reuters
A A A
TOKYO - Perdana Menteri Jepang , Fumio Kishida menyatakan membatalkan kunjungan ke Amerika Serikat dan Australia untuk pembicaraan puncak secara langsung, sebelum dimulainya sesi parlemen reguler pada pertengahan Januari. Kishida akan fokus menangani pada penanganan Covid-19 di dalam negeri.

"Mengingat penyebaran virus corona baru di dalam dan luar negeri, saya telah memutuskan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri sebelum sesi Diet reguler bulan ini," kata Kishida dalam konferensi pers Tahun Baru, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Selasa (4/1/2022).



Kishida mengatakan, dia telah berusaha untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison karena dia bertujuan untuk meningkatkan diplomasi KTT tahun ini.

Pertemuan Kishida dengan kedua pemimpin telah menjadi fokus saat ia berusaha untuk meningkatkan aliansi bilateral dengan AS dan telah menyuarakan keinginan untuk menyimpulkan Perjanjian Akses Timbal Balik Jepang-Australia.

Pakta tersebut akan meningkatkan interoperabilitas dan kolaborasi antara angkatan bersenjata kedua negara di tengah meningkatnya pengaruh militer China di Asia.



Jumlah kasus virus corona baru di Tokyo melebihi 100 pada awal pekan ini untuk pertama kalinya dalam sekitar tiga bulan terakhir. Kondisi ini memicu kekhawatiran atas peningkatan bertahap dalam infeksi di Jepang, dengan penyebaran varian Omicron.

Kishida mengatakan, dia akan memutuskan minggu depan apakah akan memperpanjang langkah-langkah kontrol ketat perbatasan Jepang untuk mencegah varian memasuki negara itu, yang mencakup larangan entri baru oleh warga negara asing.

“Dengan langkah-langkah kontrol perbatasan yang ketat, kami telah berhasil meminimalkan masuknya varian Omicron ke Jepang, tetapi infeksi menyebar di kota-kota besar,” kata Kishida, seraya menambahkan bahwa dia bermaksud untuk mengalihkan penekanan langkah-langkah anti-Omicron ke langkah-langkah domestik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)