Militer Jepang-AS Susun Rencana untuk Keadaan Darurat Taiwan

Jum'at, 24 Desember 2021 - 16:20 WIB
loading...
Militer Jepang-AS Susun Rencana untuk Keadaan Darurat Taiwan
Komandan Komando Indo-Pasifik AS, Laksamana John Aquilino, berbicara dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida selama pertemuan mereka di kediaman resmi Kishida di Tokyo, Jepang, pada 11 November 2021. Foto/Channel News Asia
A A A
TOKYO - Angkatan bersenjata Jepang dan Amerika Serikat (AS) telah menyusun rancangan rencana operasi gabungan untuk kemungkinan keadaan darurat di Taiwan . Begitu laporan kantor berita Jepang, Kyodo, mengutip sumber pemerintah Jepang yang tidak disebutkan namanya, di tengah meningkatnya ketegangan antara pulau itu dengan China .

China mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayah "suci" miliknya sendiri. Dua tahun terakhir, China telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatik untuk menegaskan klaim kedaulatannya, memicu kemarahan di Taipei dan keprihatinan mendalam di Washington.

Pemerintah Taiwan mengatakan menginginkan perdamaian, tetapi akan membela diri jika diperlukan.

"Berdasarkan rencana tersebut, Korps Marinir AS akan mendirikan pangkalan sementara di rantai pulau Nansei yang membentang dari Kyushu, salah satu dari empat pulau utama Jepang, hingga Taiwan, pada tahap awal keadaan darurat Taiwan, dan akan mengerahkan pasukan," tulis Kyodo.

"Angkatan bersenjata Jepang akan memberikan dukungan logistik di berbagai bidang seperti amunisi dan pasokan bahan bakar," sambung laporan itu yang dinukil Channel News Asia, Jumat (24/12/2021).



Menurut Kyodo Jepang, mantan penguasa kolonial Taiwan, dan AS kemungkinan akan mencapai kesepakatan untuk mulai merumuskan rencana secara resmi pada pertemuan menteri luar negeri dan pertahanan "2+2" awal tahun depan.

Pejabat kementerian pertahanan Jepang tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.

Pada bulan Oktober, pemerintah Jepang mengisyaratkan posisi yang lebih tegas tentang sikap agresif China terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri. Jepang menunjukkan akan mempertimbangkan opsi dan mempersiapkan "berbagai skenario" sambil menegaskan kembali hubungan dekat AS.

Awal bulan ini, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa Jepang dan Amerika Serikat tidak akan tinggal diam jika China menyerang Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0857 seconds (0.1#10.140)