Donald Trump: Orang-orang Yahudi AS Tidak Menyukai Israel

Minggu, 19 Desember 2021 - 00:01 WIB
loading...
Donald Trump: Orang-orang Yahudi AS Tidak Menyukai Israel
Donald Trump melakukan ritual di Tembok Ratapan di Yerusalem saat masih menjabat presiden AS. Trump klaim orang-orang Yahudi di AS tidak menyukai Israel. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan orang-orang Yahudi di Amerika tidak menyukai dan tidak peduli dengan Israel . Pernyataan itu dikecam organisasi Kongres Yahudi Amerika.

“Orang-orang Kristen evangelis mencintai Israel lebih dari orang Yahudi di negara ini,” kata Trump, seorang politisi Partai Republik yang memenangkan dukungan kuat dari pemilih evangelis kulit putih dalam pemilihan presiden 2016 dan 2020.



Jajak pendapat saat itu telah menunjukkan orang-orang Yahudi Amerika jauh lebih mungkin untuk memilih calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan Joe Biden.

“Dulu Israel memiliki kekuasaan mutlak atas Kongres [AS], dan hari ini saya pikir justru sebaliknya,” kata Trump.

Pernyataan Trump itu disampaikan dalam wawancaranya dengan jurnalis Israel, Barak Ravid. "Orang-orang Yahudi di Amerika Serikat tidak menyukai Israel atau tidak peduli dengan Israel," katanya.

“Ada orang-orang di negara ini yang Yahudi tidak lagi mencintai Israel,” lanjut Trump, yang dikutip NBC News, Sabtu (18/12/2021).

Trump membuat komentar saat dia mempertimbangkan pencalonan lagi untuk kursi Gedung Putih pada 2024, dan ketika dia terus menyebarkan kebohongan bahwa pemungutan suara pemilihan presiden tahun 2020 dicurangi secara ilegal terhadapnya.

Organisasi Kongres Yahudi Amerika mengecam Trump yang dianggap memperdagangkan “kiasan antisemit radioaktif” dengan pernyataannya.

Undang-Undang Dasar Israel mendefinisikan negara itu sebagai negara-bangsa dari orang-orang Yahudi. Setiap orang Yahudi di dunia memiliki hak di bawah hukum Israel untuk beremigrasi ke sana dan menjadi warga negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)