UEA Tangguhkan Kesepakatan Pembelian Jet Tempur F-35 AS

Rabu, 15 Desember 2021 - 04:15 WIB
loading...
UEA Tangguhkan Kesepakatan Pembelian Jet Tempur F-35 AS
UEA tangguhkan kesepakatan pembelian jet tempur F-35 AS. Foto/NBC
A A A
ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) telah menangguhkan kesepakatan multi-miliar dolar untuk membeli jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS). Langkah ini menjadi tanda frustrasinya Abu Dhabi dengan upaya Washington untuk membatasi penjualan teknologi China ke negara Teluk yang kaya minyak itu.

“UEA telah memberi tahu AS bahwa mereka akan menangguhkan diskusi untuk memperoleh F-35,” kata seorang pejabat UEA kepada CNN.

"Persyaratan teknis, pembatasan operasional yang berdaulat, dan analisis biaya/manfaat mengarah pada penilaian ulang," sambungnya.

"UEA dan AS sedang bekerja menuju pemahaman yang akan membahas kondisi keamanan pertahanan bersama untuk akuisisi," tambah pejabat itu.

“AS tetap menjadi penyedia pilihan UEA untuk persyaratan pertahanan lanjutan dan diskusi untuk F-35 dapat dibuka kembali di masa depan,” pungkasnya seperti disitir dari kantor berita yang berbasis di AS itu, Rabu (15/12/2021).



Departemen Luar Negeri AS mengatakan Gedung Putih tetap berkomitmen pada kesepakatan itu, yang dipandang sebagai landasan perjanjian untuk menormalkan hubungan diplomatik antara UEA dan Israel pada Agustus 2020.

Penjualan - yang akan melibatkan persenjataan AS paling canggih yang pernah ditransfer ke negara Arab - telah berada di jalur bertentangan sejak saat itu, dengan politisi AS meningkatkan kekhawatiran tentang kesepakatan itu.

Pada hari Selasa, sekretaris pers Pentagon John Kirby juga mengatakan bahwa AS bersedia bekerja sama dengan UEA untuk mengatasi kekhawatiran kedua negara.

“Kemitraan AS dengan UEA lebih strategis dan lebih kompleks daripada penjualan senjata mana pun,” kata Kirby pada konferensi pers.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)