Tornado Mengamuk di Kentucky, 50 Orang Diperkirakan Tewas

Sabtu, 11 Desember 2021 - 21:06 WIB
loading...
Tornado Mengamuk di Kentucky, 50 Orang Diperkirakan Tewas
Dampak tornado yang melanda Kentucky, AS. FOTO/Al Jazeera
A A A
KENTUCKY - Empat tornado dilaporkan telah menghantam wilayah Kentucky, Amerika Serikat (AS), Sabtu (11/12/2021) malam waktu setempat. Kerusakan telah dilaporkan di setidaknya 15 distrik yang membentang di Kentucky barat.

Pusat Prediksi Layanan Badai Cuaca Nasional mengidentifikasi lebih dari 20 tornado berbeda mengamuk di seluruh negara bagian AS tenggara. Gubernur Kentucky, Andy Beshear mengatakan pada konferensi pers Sabtu pagi, bahwa badai yang kuat adalah peristiwa tornado paling parah dalam sejarah Kentucky.



Saat ini, diprediksi lebih dari 56.000 orang hidup tanpa listrik. Beshear mengatakan, kehancuran itu berpusat di wilayah barat negara bagian itu. Dia menambahkan, kota Mayfield telah 'hancur' setelah dihantam tornado sekeras kota mana pun yang pernah terkena.

Runtuhnya atap pabrik lilin di kota itu diperkirakan menjadi 'peristiwa korban massal' dan dikatakan efeknya 'tragis'. Menurut Beshear, ada sekitar 110 orang di dalam pabrik itu saat tornado menghantamnya.

"Kami yakin korban tewas kami dari peristiwa ini akan melebihi 50 orang warga Kentucky, mungkin berakhir mendekati 70 hingga 100 nyawa yang hilang," kata Beshear, seperti dikutip dari CNN. Ia juga menyebut badai yang melanda negara bagian itu sebagai peristiwa tornado paling parah dalam sejarah Kentucky.



Kehancuran terburuk terjadi di Graves County, khususnya kota Mayfield. "Ini adalah peristiwa bencana besar yang signifikan," kata Direktur Manajemen Darurat negara bagian Michael Dorsett. Ia menambahkan bahwa upaya pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung dan dimulai bahkan ketika badai masih berada di daerah tersebut.

Banyak tornado dilaporkan muncul pada Jumat malam, saat garis badai kuat melanda wilayah tengah AS.
Setidaknya 24 tornado dilaporkan terjadi di lima negara bagian, yakni Arkansas, Illinois, Kentucky, Missouri, dan Tennessee. Menurut Pusat Prediksi Badai NOAA, kematian juga dilaporkan oleh pejabat di Arkansas dan Illinois.

Setidaknya satu orang tewas di Monette di timur laut Arkansas, setelah tornado merusak sebuah panti jompo pada hari Jumat, menjebak orang lain di dalam sebelum diselamatkan. “Sedikitnya 20 orang juga terluka di fasilitas itu,” kata Wali Kota Bob Blankenship kepada CNN.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)