Dianggap Curi Budaya Palestina, Kontestan Miss Universe Tuai Kecaman

Jum'at, 10 Desember 2021 - 19:36 WIB
loading...
Dianggap Curi Budaya Palestina, Kontestan Miss Universe Tuai Kecaman
Kontestan ajang ratu kecantikan Miss Universe 2021 di Israel dikritik karena dianggap mengambil budaya Palestina tanpa izin. Foto/Middle East Monitor
A A A
TEL AVIV - Kontestan ajang ratu kecantikan Miss Universe 2021 di Israel dikritik karena dianggap mengambil budaya Palestina tanpa izin.

Miss Filipina Beatrice Luigi Gomez membuat marah para pengguna media sosial di seluruh dunia setelah memposting foto ia dan para peserta Miss Universe 2021 menyiapkan makanan Palestina dengan pakaian tradisional Palestina di Instagram. Dalam keterangan foto tersebut ia menulikannya dengan #VisitIsrael

View this post on Instagram

A post shared by Beatrice Luigi Gomez (@beatriceluigigmz)



Ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Gomez berkompetisi dalam Miss Universe edisi ke-70 di kota Eilat, Israel pada 12 Desember mendatang. Pihak penyelenggara di Israel akan mempromosikan negara mereka sebagai tujuan wisata, meskipun para aktivis menyerukan untuk memboikot kontes tersebut atas pelanggaran hak asasi manusia Israel terhadap warga Palestina.

"Penyelenggara Miss Universe di Israel dan kontestan mengambil budaya Palestina...tanpa pengakuan dari ratusan generasi Palestina yang mewariskan identitas budaya ini," kata seorang pengguna Twitter Layth Hanbali dalam menanggapi postingan Gomez.

Baca juga: Polisi Israel Tembak Mati Pemuda Palestina, Liga Arab: Itu Kejahatan Kemanusiaan!

"Tak perlu dikatakan, bahkan tidak ada petunjuk kepada orang-orang Palestina yang identitas budayanya telah ditekan, disangkal dan dicuri oleh Zionisme," lanjut Hanbali seperti dilansir dari Al Araby, Jumat (10/12/2021).

Beberapa netizen menuduh ajang kompetisi itu dan para kontestannya telah menghapus kolonialisme, sedangkan yang lain menyebut Israel bersikap terbuka karena mencoba mencuri segala sesuatu yang berhubungan dengan Palestina.

Yang lain masih menyebut tindakan itu sebagai pencurian dan perampasan budaya.

Sebelumnya, rekan kontestan Miss Universe lainnya juga telah memicu kontroversi menjelang kompetisi.

Sebuah video yang menunjukkan Miss Universe Thailand, Anchilee Scott-Kemmis, memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem memicu kemarahan di kalangan warga Palestina pekan lalu.

Baca juga: Miss Universe Thailand Sambangi Al-Aqsa, Picu Kemarahan Warga Palestina
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1655 seconds (11.252#12.26)