Media Asing Turut Beritakan Erupsi Gunung Semeru

Sabtu, 04 Desember 2021 - 20:25 WIB
loading...
Media Asing Turut Beritakan Erupsi Gunung Semeru
Media asing turut beritakan erupsi Gunung Semeru. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Gunung Semeru yang berada di wilayah Jawa Timur mengalami guguran awan panas pada Sabtu (4/12/2021) sore. Peristiwa ini ternyata tidak luput dari pemberitaan media asing.

Gunung Semeru, yang mempunyai tinggi 3.676 meter diatas permukaan laut, meletus sekitar pukul 15.00 WIB, membuat panik warga yang berada di lereng gunung. Dalam rekaman video amatir yang beredar. Warga berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka.

Peristiwa meletusnya Gunung Semeru ini pun turut diberitakan oleh BBC. Kantor berita yang berbasis di Inggris menurunkan judul: 'Residents Flee as Indonesia Volcano Spews Ash' yang jika diartikan warga mengungsi saat gunung berapi Indonesia memuntahkan abu.

"Gunung berapi di pulau Jawa Indonesia meletus, mengirimkan gumpalan besar abu ke langit dan menyelimuti desa-desa terdekat," tulis BBC dalam laporannya.

BBC juga mengutip laporan dari Pusat Laporan Abu Vulkanik (VAAC) di Darwin, Australiayang menyatakan abu vulkanik tampaknya telah disemburkan dari puncak gunung dan melayang ke barat daya.



"VAAC memberikan saran kepada institusi penerbangan tentang lokasi dan pergerakan abu vulkani yang berpotensi berbahaya," tulis BBC.

Media lain yang turut melaporkan erupsi Gunung Merapi adalah Associated Press (AP). Indonesia’s Semeru volcano erupts, spews huge ash cloud adalah judul yang diturukan oleh AP yang artinya Gunung Semeru Indonesia meletus, memuntahkan awan abu dahysat.

Dalam pemberitaannya, AP menyebut Gunung Semeru memuntahkan kolom abu tebal ke langit, memicu kepanikan di antara warga yang tinggal di dekatnya.

"Letusan mendadak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur membuat beberapa desa di sekitar lerengnya diselimuti abu yang berjatuhan," tulis AP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)