Ragam Sekte Yahudi, Nomor 1 Paling Taat di Israel

Rabu, 24 November 2021 - 14:29 WIB
loading...
Ragam Sekte Yahudi, Nomor 1 Paling Taat di Israel
Yahudi dari sekte Haredim menggelar kegiatan keagamaan. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Agama Yahudi muncul setelah peristiwa hijrahnya Nabi Ibrahim dari Kota Babilonia ke daerah Palestina. Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 2000 Sebelum Masehi.

Menurut buku “Sejarah Yahudi” yang ditulis Muhammad Amri, saat itu Babilonia berada di bawah kekaisaran Hammurabi. Seiring waktu, Yahudi memiliki beberapa sekte atau aliran. Berikut daftarnya.

1. Haredim

Ortodoks merupakan aliran dari agama Yahudi yang paling taat, dan tergolong radikal. Salah satu kelompok yang masuk ke dalam ortodoks atau neo ortodoks adalah Haredim.

Mengutip laman Pew Research Center, Haredim adalah kelompok yang paling taat di Israel. Sebanyak 96% penganutnya menyatakan agama adalah hal yang paling penting dalam hidup mereka.

Kata haredi sendiri berarti takut pada Tuhan. Rata-rata penganutnya memilih menjalani hidup secara tertutup dan terpencil.



Hanya sedikit kawan yang mereka miliki di luar kelompok ini. Selain itu, penganut Haredim juga menentang adanya perkawinan campur antara aliran lainnya.

2. Ashkenazi

Semula aliran ini menempati wilayah lembah Rhineland sebelum melakukan migrasi ke Polandia, Rusia, dan Lituania usai Perang Salib pada abad ke 11-13.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2116 seconds (11.97#12.26)