Gedung Putih Tarik Pasukan AS dari Jerman

Sabtu, 06 Juni 2020 - 15:42 WIB
loading...
Gedung Putih Tarik Pasukan AS dari Jerman
Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih telah meminta pengurangan substansial personil militer Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan di Jerman. Hal itu diungkapkan seorang pejabat pertahanan AS.

Pejabat itu mengatakan bahwa ukuran pasti dari pengurangan itu belum diputuskan tetapi untuk sementara direncanakan sebanyak 9.500 personil. Perintah formal untuk mulai memindahkan pasukan belum ini diberikan tetapi diharapkan akan segera keluar.

Untuk diketahui, ada sekitar 34.000 tentara AS yang ditempatkan di Jerman.

Laporan ini pertama kali muncul di The Wall Street Journal yang dikutip CNN, Sabtu (6/6/2020).

Terkait laporan ini, seorang juru bicara Pentagon merujuk CNN ke Dewan Keamanan Nasional, yang belum menanggapi permintaan komentar.

Sementara para pejabat pertahanan telah mempertimbangkan memindahkan beberapa pasukan dari Jerman di masa lalu, beberapa pejabat AS dan NATO mengatakan kepada CNN bahwa ukuran dan waktu pengurangan itu tidak terduga.

NATO merujuk pertanyaan tentang pengurangan ke pemerintah AS.

Militer AS telah menempatkan pasukan di Jerman sejak akhir Perang Dunia Kedua. Kehadiran mereka di garis depan Perang Dingin membantu mencegah Uni Soviet melancarkan serangan terhadap anggota NATO.

Sementara jumlah pasukan AS di Jerman telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, pangkalan AS di negara itu terus digunakan oleh militer karena lokasinya strategis dan keberadaan infrastruktur pertahanan AS seperti pangkalan udara dan fasilitas medis.

Jika pasukan AS sepenuhnya meninggalkan Jerman, penarikan itu dapat dipandang sebagai pukulan telah bagi NATO. Pasalnya, banyak negara anggota NATO yang terus menyatakan keprihatinan tentang ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia yang telah menggunakan kekuatan militer terhadap Ukraina di tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)