Presiden AS Joe Biden Serahkan Kekuasaan ke Wapres Kamala Harris

Sabtu, 20 November 2021 - 03:18 WIB
loading...
Presiden AS Joe Biden Serahkan Kekuasaan ke Wapres Kamala Harris
Wakil Presiden AS Kamala Harris. Presiden Joe Biden akan serahkan kekuasaan ke Harris karena akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Foto/Sarahbeth Maney/Pool via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Saerikat (AS) Joe Biden akan menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Presiden (Wapres) Kamala Harris hari Jumat waktu setempat atau Sabtu (20/11/2021) WIB. Penyerahan kekuasaan berlangsung selama presiden berada di bawah anestesi untuk kolonoskopi rutin yang dia jalani sebagai bagian dari pemeriksaan fisik tahunannya.

Jadwal penyerahan kekuasaan tersebut diumumkan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.



"Wakil Presiden akan bekerja dari kantornya di West Wing selama waktu ini," kata Psaki.

Kekuasaan presiden telah dialihkan kepada wakil presiden sebelumnya, ketika Presiden George W. Bush menjalani kolonoskopi pada tahun 2002 dan 2007. Menurut Psaki, pemindahan kekuasaan tersebut mengikuti proses yang diatur dalam Konstitusi Amerika.

Biden, yang akan berusia 79 tahun, adalah orang tertua yang menjabat sebagai presiden dalam sejarah AS.

Meskipun spekulasi terus berlanjut tentang apakah dia akan mencalonkan diri untuk pemilu pada tahun 2024, dia mengatakan dirinya berharap untuk mencari masa jabatan kedua bersama Harris.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)