Israel Tebar Ancaman, Siap Hadapi Iran di Semua Lini

Kamis, 18 November 2021 - 00:05 WIB
loading...
Israel Tebar Ancaman, Siap Hadapi Iran di Semua Lini
Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz. Foto/Middle East Monitor
A A A
TEL AVIV - Israel akan terus menghadapi Iran di semua lini, termasuk Lebanon dan Suriah. Peringatan itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz

"Kami telah melihat kebijakan Iran dalam hal program nuklirnya dan persenjataannya di luar negeri, serta pengaruhnya di Suriah dan Lebanon," kata Gantz seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (17/11/2021).

Ia juga mengatakan bahwa itu akan mencegah apa yang disebutnya kubu militer Iran di Suriah dan Lebanon.

Dia membuat komentarnya saat mengunjungi pangkalan militer bersama Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.



Pernyataan Gantz muncul di tengah rencana dimulainya kembali negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia di Wina akhir bulan ini.

Israel telah menggambarkan kesepakatan nuklir Iran 2015 tidak cukup untuk menghalangi ambisi Iran untuk mengembangkan senjata nuklir.

Iran sendiri telah berulangkali menegaskan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai. Teheran akan memperbarui pembicaraan nuklir dengan kekuatan dunia bulan ini, setelah perjanjian 2015 untuk mengekang program nuklirnya runtuh menyusul penarikan AS dari perjanjian pada 2018.



Ketegangan antara Iran dan Israel tak mereda dengan pemerintahan baru di kedua pihak. Keduanya masih menganggap pihak lain sebagai musuh dan ancaman terbesar. Israel secara konsisten menyerukan serangan skala penuh terhadap Iran.

Serangan terhadap Iran akan memicu konflik yang lebih luas di wilayah Timur Tengah karena jaringan milisi yang dimiliki Teheran tak akan membiarkan hal itu terjadi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)