Sosok Teroris Liverpool: Masuk Kristen, Diduga Menyimpan Dendam karena Dihina

Selasa, 16 November 2021 - 12:14 WIB
loading...
Sosok Teroris Liverpool: Masuk Kristen, Diduga Menyimpan Dendam karena Dihina
Emad Al Swealmeen alias Enzo Almeni, pria Suriah, yang jadi tersangka serangan teroris di luar rumah sakit di Liverpool, Inggris, Minggu (14/11/2021). Foto/via news.com.au
A A A
LIVERPOOL - Tersangka teroris yang meledakkan diri di luar Rumah Sakit Wanita Liverpool, Inggris , diidentifikasi sebagai Emad Jamil Al-Swealmeen. Pria 32 tahun asal Suriah ini masuk Kristen setelah mengajukan suaka di Inggris.

Dia beraksi membawa bom buatan sendiri dengan naik taksi menuju rumah sakit. Si sopir taksi berhasil menahannya di dalam mobil hingga akhirnya meledakkan diri. Sopir taksi itu telah dianggap pahlawan oleh masyarakat Inggris karena berani melawan, meski dia mengalami luka parah.



Otoritas berwenang Inggris telah menyatakan insiden itu sebagai aksi terorisme.

Polisi kontra-terorsime percaya pelaku pengeboman (bomber) di luar rumah sakit melakukan aksinya pada hari Minggu setelah dihina karena mengajukan suaka politik di Inggris.

Polisi mengatakan pihaknya sangat percaya bahwa pria yang tewas dalam serangan teror bom mobil itu adalah Emad Al Swealmeen yang menggunakan nama Enzo Almeni.

Masih belum jelas kapan tepatnya pengebom itu memasuki Inggris tetapi dipahami bahwa dia telah berselisih jangka panjang dengan Departemen Dalam Negeri atas permohonannya untuk suaka di Inggris.

Dia tidak diberikan izin untuk tinggal di negara Eropa itu secara permanen.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sun: "Salah satu masalah yang sedang dilihat adalah apakah keluhan yang belum terselesaikan ini mendorongnya ke tepi dan mendorongnya untuk melakukan serangan."

Penggila balap motor ini mengganti nama depannya menjadi Enzo karena mengagumi sosok pendiri Ferrari; Enzo Ferrari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)