Kecam Trump, Rouhani Kutuk Pembunuhan 'Brutal' George Floyd

Jum'at, 05 Juni 2020 - 09:09 WIB
loading...
Kecam Trump, Rouhani Kutuk Pembunuhan Brutal George Floyd
Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan simpati kepada para demonstran George Floyd. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengutuk pembunuhan "brutal" George Floyd dan rasisme sistemik di Amerika Serikat (AS) . Ia juga menyerang Presiden Donald Trump karena kesalahan dalam penanganan kerusuhan di negara itu.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Rouhani mengatakan dunia menyaksikan penindasan besar-besaran terhadap warga kulit hitam Amerika di bawah pemerintahan Trump.

"Para penguasa Gedung Putih telah mengubah situasi saat ini di Amerika Serikat menjadi salah satu yang terburuk dalam sejarah," katanya kepada pemirsa.

"George Floyd terbunuh dengan cara paling brutal," tambah Rouhani, merujuk pada pembunuhan pria kulit hitam oleh petugas kepolisian Minneapolis bulan lalu.

Rouhani juga mengatakan Iran menyatakan simpati kepada warga Amerika yang turun ke jalan dan mengecam Gedung Putih karena memerintahkan pasukan keamanan untuk menyerang para pengunjuk rasa.

Ia juga mengecam tindakan Trump berpose sambil memegang Alkitab saat di foto.

"Alkitab adalah kitab suci yang mengundang orang untuk kedamaian dan kasih sayang. Sangat disayangkan bahwa presiden AS memegang Alkitab ketika dia berencana untuk bertindak terhadap warga negara Amerika," ujarnya.

Protes massal - ditambah beberapa kerusuhan dan penjarahan - telah pecah di seluruh negeri, menyerukan keadilan bagi Floyd, reformasi luas untuk pasukan polisi dan tindakan untuk mengatasi ketidaksetaraan rasial sistemik.

Aparat kepolisian merespons dengan kekerasan, berusaha membubarkan demonstrasi dengan gas air mata, peluru karet, dan dakwaan tongkat. Ribuan telah ditangkap, di antaranya wartawan diserang oleh polisi saat melaporkan kerusuhan.

Trump sendiri telah dipersalahkan karena polisi membubarkan demonstrasi damai di dekat Gedung Putih pada hari Senin sehingga ia dapat mengunjungi gereja terdekat yang telah dirusak. Jaksa Agung Bill Barr dikatakan telah secara pribadi memerintahkan dakwaan polisi. Namun Trump membantah telah memerintahkan polisi untuk melakukan tindakan itu.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)