Lebanon di Ambang Perang Saudara, Hizbullah Klaim Miliki 100.000 Pasukan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:52 WIB
loading...
Lebanon di Ambang Perang Saudara, Hizbullah Klaim Miliki 100.000 Pasukan
Para milisi bersenjata kelompok Hizbullah Lebanon berparade dengan bendera mereka. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Ketegangan sektarian yang semakin memanas di Lebanon telah membuat negara itu di ambang perang saudara. Pemimpin Hizbullah , Hassan Nasrallah, mengeklaim memiliki 100.000 petempur terlatih untuk menghadapi kemungkin terburuk.

Nasrallah pada hari Senin (18/10/2021) menuduh partai Pasukan Lebanon berusaha untuk memicu perang saudara setelah kekerasan sektarian pecah pada Kamis pekan lalu.

Baca juga: Colin Powell Meninggal, antara Penjahat Perang Irak dan Pahlawan AS

“Agenda sebenarnya dari partai Pasukan Lebanon adalah perang saudara karena itu mengarah pada pemindahan orang-orang Kristen dan membatasi mereka ke daerah tertentu, dan dengan demikian pembentukan kanton Kristen yang didominasi oleh partai Pasukan (Lebanon) di mana tidak ada ruang untuk orang lain," kata Nasrallah dalam sambutan pertamanya sejak kekerasan jalanan berdarah.

Nasrallah menekankan bahwa milisinya yang didukung Iran lebih kuat saat ini dan menambahkan bahwa mereka memiliki 100.000 petempur terlatih dan bersenjata.

Ini adalah pertama kalinya Nasrallah mengungkapkan jumlah milisinya.



“Saya menyarankan partai Pasukan Lebanon untuk menghentikan gagasan perselisihan internal dan perang saudara ini. Anda salah seratus persen, perhitungan Anda salah. Wilayah ini belum pernah melihat Hizbullah sekuat sekarang,” katanya.

Dia juga menuntut penyelidikan atas peristiwa Kamis lalu untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan berdarah.

Dia menambahkan bahwa Hizbullah akan mengambil tindakan jika pengadilan tidak melakukannya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2291 seconds (11.210#12.26)