Negara-negara Ini Punya Pasukan yang Berjaga di Selat Hormuz

loading...
Negara-negara Ini Punya Pasukan yang Berjaga di Selat Hormuz
Pasukan bersenjata mengawasi lalu lintas kapal di Selat Hormuz. Foto/REUTERS
TEHERAN - Memanasnya hubungan antara Iran dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menyebabkan nama Selat Hormuz banyak diperbincangkan. Selat Hormuz merupakan jalur minyak terpenting di dunia yang memiliki panjang 39 kilometer.

Seperenam produksi minyak global dan sepertiga pasokan gas alam cair di dunia diangkut melalui jalur ini. Selat yang membentuk chokepoint antara Teluk Arab dan Teluk Oman ini merupakan satu-satunya rute yang dapat digunakan menuju laut terbuka.

Pentingnya selat ini menyebabkan banyak negara berlomba-lomba menyiapkan pasukan berjaga di selat Hormuz. Melansir dari berbagai sumber berikut ini adalah daftar negaranya.

1. Iran



Iran mengakui menguasai seluruh wilayah Selat Hormuz. Kekuatan militer Iran di selat ini telah dibangun selama beberapa pilih tahun.

Negara-negara Ini Punya Pasukan yang Berjaga di Selat Hormuz


Korps Garda Revolusi Islam Iran membuka pangkalan Angkatan laut baru di pintu masuk timur ke Selat Hormuz. Tahun 2019 lalu dikabarkan cabang Angkatan laut Garda Revolusi Iran memiliki sekitar 2.000 FAC atau kapal penyerang cepat.

Kapal ini digunakan sebagai formasi kawanan yang bisa muncul dimana saja di daerah tersebut. Kapal ini juga dilengkapi dengan senapan mesin berat dan peluncur roket.

Tidak hanya itu, pakar juga mempercayai bahwa Iran telah mengembangkan drone laut yang dapat memuat bahan peledak dan berkecepatan tinggi saat diluncurkan. Drone yang bernama Ya Mahdi ini dapat dikendalikan secara jarak jauh.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top