Perkuat Keamanan di Laut Natuna Utara, Bakamla Bangun Pangkalan dan Sistem Peringatan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:40 WIB
loading...
Perkuat Keamanan di Laut Natuna Utara, Bakamla Bangun Pangkalan dan Sistem Peringatan
Bakamala akan membangun pangkalan dan sistem peringatan dini di Natuna. Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Hadapi perkembangan situasi keamanan di Laut Natuna Utara, Badan Keamanan Laut (Bakamla) bakal membangun pangkalan di wilayah Kabupaten Utara. Untuk kepentingan pembangunan pangkalan, Bakamla mendapatkan hibah lahan seluas dua hektare dari Pemkab Natuna.



Tanah hibah yang akan dibangun untuk pangkalan Bakamla ini, berada di Selat Lampa, Kecamatan Bunguran Timur. Pangkalan milik Bakamla di Kabupaten Natuna tersebut, nantinya akan berfungsi sebagai pangkalan untuk mengawasi dan memantau perkembangan Laut Nantuna Utara.



Sekretaris Utama Bakamla, Laksda TNI S. Irawan mengatakan, nantinya di lahan ini akan dibangun pangkalan dan sistem peringatan dini di Natuna. Sementara untuk dana pembangunannya, berasal dari pemerintah pusat.



"Kerja sama berupa hibah lahan ini, akan memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Natuna. Selain itu, juga untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Natuna, " tegasnya, Selasa (12/10/2021).

Secara de jure Pemkab Natuna, tidak memiliki andil kewenangan di laut, namun peran strategis Pemkab Natuna dalam mendukung penyiapan lahan serta pengakomodasian pemenuhan ruang untuk Bakamla, menurut Irawan merupakan dukungan yang sangat signifikan untuk terciptanya keamanan laut.



Bupati Natuna, Wan Siswandi mangatakan, hibah tanah untuk pembangunan pangkalan ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata pemerintah daerah dalam menciptakan keamanan laut. "Kami hibahkan lahan seluas dua hektare, untuk pembangunan pangkalan ini," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2445 seconds (0.1#10.140)