Dua Kapal Perang AS Sambangi LCS di Tengah Ketegangan dengan China

Rabu, 22 April 2020 - 07:07 WIB
loading...
Dua Kapal Perang AS Sambangi LCS di Tengah Ketegangan dengan China
Kapal perang AS USS Bunker Hill. Foto/Defpost
A A A
WASHINGTON - Kapal perang Amerika Serikat (AS) telah berlayar ke perairan yang disengketakan di Laut China Selatan (LCS). Aksi ini dilakukan di tengah ketegangan kedua negara saat sebagain besar dunia terkunci akibat pandemi virus Corona baru.

Angkatan Laut AS mengkonfirmasi bahwa dua kapal perangnya beroperasi di Laut China Selatan (LCS), dengan tiga sumber keamanan regional mengatakan mereka berada di dekat daerah yang diperselisihkan oleh China dan Malaysia.

Juru bicara Komando Indo-Pasifik AS Nicole Schwegman mengatakan kapal serbu amfibi USS Amerika dan Bukit Bunker USS, sebuah kapal penjelajah berpeluru kendali, telah dikerahkan dan beroperasi di LCS.

"Melalui kehadiran operasional kami yang berkelanjutan di Laut Cina Selatan, kami bekerja untuk mempromosikan kebebasan navigasi dan penerbangan berlebihan, dan prinsip-prinsip internasional yang menopang keamanan dan kemakmuran bagi Indo-Pasifik," kata Schwegman dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (22/4/2020).

Pekan lalu kapal penelitian milik China, Haiyang Dizhi 8, terlihat melakukan survei di dekat kapal eksplorasi yang dioperasikan oleh perusahaan minyak negara Malaysia Petronas, beberapa bulan setelah melakukan patroli serupa di Vietnam.

Insiden itu mendorong AS untuk menyerukan China menghentikan "perilaku intimidasi" di perairan yang disengketakan, mengutip kekhawatiran atas tindakan provokatif Beijing terhadap pengembangan minyak dan gas lepas pantai di sana.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan China mengambil keuntungan dari fokus kawasan itu pada pandemi virus Corona untuk "memaksa tetangganya".

"'Konfrontasi' di laut yang Anda sebutkan tidak terjadi," kata kementerian luar negeri dalam tanggapan melalui faks atas pertanyaan Reuters, atas kemungkinan terjadinya konfrontasi dengan China di perairan yang disengketakan itu.

Petronas dan kementerian luar negeri Malaysia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Langkah kapal survei China bulan ini datang ketika Beijing meningkatkan diplomasi virus Corona, menyumbangkan pasokan besar peralatan medis dan bantuan ke negara-negara Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)