Kim Yo-jong: Korut Terbuka untuk Akhiri Perang jika Kondisinya Terpenuhi

Jum'at, 24 September 2021 - 17:47 WIB
A A A
Namun dalam pernyataan tak terduga yang dirilis pada Jumat (24/9/2021) melalui media pemerintah, Kim Yo-jong mengatakan ide itu "mengagumkan".

Namun dia menambahkan Korea Utara hanya akan bersedia membahas proposal tersebut jika Korsel menghentikan apa yang dia sebut "kebijakan bermusuhan" terhadap Korut.

"Yang perlu dihilangkan adalah sikap berbelit-belit, prasangka tidak logis, kebiasaan buruk, dan sikap bermusuhan yang membenarkan tindakan mereka sendiri sambil menyalahkan pelaksanaan hak membela diri kita yang adil," tutur dia.



"Hanya ketika prasyarat seperti itu terpenuhi, apakah mungkin untuk duduk berhadap-hadapan dan menyatakan penghentian perang yang signifikan," papar dia.

Korea Selatan awal bulan ini menguji coba rudal balistik kapal selam pertamanya, hanya beberapa jam setelah Korea Utara menguji senjatanya.

Korea Utara juga sering mengkritik latihan militer tahunan Korea Selatan dengan AS.

Hubungan antara kedua negara belum membaik sejak pembicaraan denuklirisasi antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump memburuk pada 2019.

Moon, yang telah menjadikan keterlibatan dengan Korea Utara sebagai landasan kepresidenannya, sebelumnya berpendapat deklarasi untuk mengakhiri perang akan mendorong Korea Utara melakukan denuklirisasi.

Korea Utara pada gilirannya menyerukan agar sanksi ekonomi yang melumpuhkan dicabut terlebih dahulu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1406 seconds (10.177#12.26)