Dokter Kesuburan AS Dituduh Gunakan Spermanya untuk Hamili Banyak Pasien

Kamis, 16 September 2021 - 00:17 WIB
loading...
Dokter Kesuburan AS Dituduh Gunakan Spermanya untuk Hamili Banyak Pasien
Morris Wortman, dokter kesuburan di New York, AS, yang dituduh menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili banyak pasien wanita. Foto/The Independent
A A A
NEW YORK CITY - Seorang dokter kesuburan di New York, Amerika Serikat (AS), dituduh telah menggunakan spermanya sendiri untuk secara diam-diam menghamili banyak pasien wanita.

Seorang perempuan 35 tahun, putri dari seorang wanita yang mendapatkan perawatan kesuburan dari dokter Morris Wortman di Rochester pada 1980-an, telah menggugat sang dokter di pengadilan lokal. Penggugatpercaya dia adalah putri biologis Wortman, bukan putri dari donor sperma yang diinginkan ibunya.

Baca juga: Jenderal Tertinggi AS Kontak China, Trump Sebut Pengkhianatan

Penggugat juga menunjukkan bahwa tes silsilah DNA mengungkapkan dia memiliki setidaknya sembilan saudara tiri. Menurutnya, saudara-saudara tiri itu juga "korban" penyalahgunaan sperma Wortman.

Ibu penggugat salah memberi tahu keluarganya bahwa donor sperma adalah mahasiswa kedokteran setempat. Menurut dokumen gugatan, dia merahasiakan kebenaran itu, bahkan setelah putri kandungnya menjadi pasien ginekologi Wortman.

Kantor Wortman di Rochester mengatakan dokter Wortman tidak dapat dimintai komentar pada hari Selasa. Kantor tersebut tidak segera menanggapi pertanyaan tentang nama seorang pengacara yang dapat berbicara atas namanya.

Kasus ini adalah salah satu dari lebih dari 20 kasus dalam beberapa tahun terakhir di mana dokter kesuburan dituduh menggunakan sperma mereka sendiri, bukan sampel dari donor anonim, untuk merawat pasien. Penemuan skenario seperti itu dimungkinkan dengan munculnya situs silsilah seperti Ancestry.com dan 23andMe.

Di Indiana, dokter Donald Cline dituduh menggunakan spermanya sendiri untuk menghamili sebanyak lusinan wanita setelah memberi tahu mereka bahwa para pendonor tidak disebutkan namanya. Dia akhirnya mengaku bersalah karena berbohong kepada penyelidik selama penyelidikan dan diberi hukuman percobaan satu tahun.

HBO merilis film dokumenter tahun lalu berjudul "Baby God", film dokumenter tentang seorang dokter Nevada yang dituduh menginseminasi banyak pasien dengan spermanya. Dalam contoh lain, seorang dokter Colorado digugat oleh setidaknya enam keluarga dengan tuduhan kelalaian dan penipuan karena diduga menggunakan spermanya sendiri dalam beberapa prosedur inseminasi buatan yang sukses dari tahun 1975 hingga 1989. Seorang wanita New Jersey menggugat mantan dokter New York dengan tuduhan serupa pada tahun sebelumnya.

Wanita yang menggugat Wortman meminta, melalui pengacaranya, agar namanya dirahasiakan karena sifat pribadi dari tuduhan dan karena itu melibatkan riwayat medisnya. Dia menolak untuk diwawancarai.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2373 seconds (10.55#12.26)